Alhamdulillah kita telah sampai pada pelajaran yang ke-16. In sya Allah pada pelajaran yang ke-16 ini kita akan mempelajari tashrif lughowiy fi'il amr dan fi'il nahi.
Berbeda dengan fi'il madhi dan fi'il mudhori yang tashrif lughowiy-nya berjumlah 14, maka tashrif fi'il amr dan fi'il nahi hanya 6 saja. Sebagaimana kita ketahui, kata perintah pasti ditujukan untuk kata ganti orang ke-2 saja. Duduklah! Maksudnya: duduklah kamu, duduklah kalian, duduklah kamu wanita, duduklah kalian ber-2, duduklah kalian laki-laki, duduklah kalian wanita. Maka untuk fi'il amr dan fi'il nahi, tashrif lughowiy-nya hanya berjumlah 6 saja.
Baik, kita bahas satu persatu dari bab 1 sampai bab 6.
Alhamdulillah, seluruh tashrif lughowiy sifatnya sama, artinya ini berlaku untuk semua wazan, berlaku untuk tsulatsi mujarrod, tsulatsi mazid, ruba'i mujarrod dan ruba'i mazid.
Kita ambil contoh, misalkan: bab 1 (bAtU: fa'ala - yaf'ulu), fi'il amrnya uf'ul أُفْعُلْ .
Untuk fi'il amr ini, yang berubah hanya akhirnya. Demikian juga untuk fi'il nahi, yang berubah hanyalah akhirnya saja; untuk awalnya sama semua.
Jadi untuk:
anta أَنْتَ --> uf'ul أُفْعُلْ
antumaa أَنْتَمَا --> uf'ulaa أُفْعُلاَ (tambahkan alif)
antum أَنْتُمْ --> uf'uluu أُفْعُلُوْا (tambahkan u, waw dan alif)
Hampir sama dengan fa'ala, fa'alaa, fa'aluu.
Lalu bagaimana dengan anti? Untuk anti dtambahkan “ya” di belakangnya.
Jadi untuk:
anti أَنْتِ --> uf'ulii أُفْعُلِيْ
antumaa أَنْتُمَا --> uf'ulaa أُفْعُلاَ
antunna أَنْتُنَّ --> uf'ulna أُفْعُلْنَ
Ini rumus fi'il amr dari anta أَنْتَ hingga antunna أَنْتُنَّ
Baik, saya ulangi:
anta أَنْتَ --> uf'ul أُفْعُلْ
antumaa أَنْتُمَا --> uf'ulaa أُفْعُلاَ
antum أَنْتُمْ --> uf'uluu أُفْعُلُوْا
anti أَنْتِ --> uf'ulii أُفْعُلِيْ
antumaa أَنْتُمَا --> uf'ulaa أُفْعُلاَ
antunna أَنْتُنَّ --> uf'ulna أُفْعُلْنَ
Ini berlaku untuk semua bab (bab 1 hingga bab 6). Bentuknya sama seperti ini.
Bab 2 (kAlI: fa'ala - yaf'ilu), fi'il amrnya if'il, إِفْعِلْ.
Maka rumus tashrif lughowiy-nya:
if'il إِفْعِلْ
if'ilaa إِفْعِلاَ
if'iluu إِفْعِلُوْا
if'ilii إِفْعِلِيْ
if'ilaa إِفْعِلاَ
if'ilna إِفْعِلْنَ
Bab 3 (mAnA: fa'ala - yaf'alu), maka fi'il amrnya if'al, إِفْعَلْ
if'al إفْعَلْ
if'alaa إِفْعَلاَ
if'aluu إِفْعَلُوْا
if'alii إِفْعَلِيْْ
if'alaa إِفْعَلاَ
if'alna إِفْعَلْنَ
Bab 4 (bIsA: fa'ila - yaf'alu), fi'il amrnya if'al, إِفْعَلْ
if'al إِفْعَلْ
if'alaa إِفْعَلاَ
if'aluu إِفْعَلُوْا
if'alii إِفْعَلِيْ
if'alaa إِفْعَلاَ
if'alna إِفْعَلْنَ
Bab 5 tidak ada fi'il amrnya, kita lewati.
Bab 6 (sendIrI : fa'ila - yaf'ilu), fi'il amrnya if'il, إِفْعِلْ
if'il إِفْعِلْ
if'ilaa إِفْعِلاَ
if'iluu إِفْعِلُوْا
if'ilii إِفْعِلِيْ
if'ilaa إِفْعِلاَ
if'ilna إِفْعِلْنَ
Semua yang telah disenbutkan tadi adalah wazannya.
Baik, kita ambil contoh mauzunnya dari bab 1 hingga 6.
Bab 1, bAtU: nashoro – yanshuru; fi'il amrnya unshur, أُنْصُرْ
unshur أُنْصُرْ
unshuroo أُنْصُرَا
unshuruu أُنْصُرُوْا
unshurii أُنْصُرِيْ
unshuroo أُنْصُرَا
unshurna أُنْصُرْنَ
Bab 2, kAlI: dhoroba – yadhribu; fi'il amrnya idhrib, إضْرِبْ
idhrib إِضْرِبْ
idhribaa إِضْرِبَا
idhribuu إِضْرِبُوْا
idhribii إِضْرِبِيْ
idhribaa إِضْرِبَا
idhribna إِضْرِبْنَ
Bab 3, mAnA: fataha – yaftahu; fi'il amrnya iftah, إِفْتَحْ
iftah إِفْتَحْ
iftahaa إِفْتَحَا
iftahuu إِفْتَحُوْا
iftahii إِفْتَحِيْْ
iftahaa إِفْتَحَا
iftahna إِفْتَحْنَ
Bab 4, bIsA: 'alima – ya'lamu; fi'il amrnya i'lam, إِعْلَمْ
i'lam إِعْلَمْ
i'lamaa إِعْلَمَا
i'lamuu إِعْلَمُوْا
i'lamii إِعْلَمِيْ
i'lamaa إِعْلَمَا
i'lamna إِ عْلَمْنَ
Bab 5 tidak ada untuk fi'il amrnya, kita lanjut ke bab 6.
Bab 6, sendIrI: hasiba – yahsibu; fi'il amrnya ihsib, إِحْسِبْ
ihsib إِحْسِبْ
ihsibaa إِحْسِبَا
ihsibuu إِحْسِبُوْا
ihsibii إِحْسِبِيْ
ihsibaa إِحْسِبَا
ihsibna إِحْسِبْنَ
Saya rasa cukup untuk fi'il amr.
Sekarang kita ke fi'il nahi. Fi'il nahi dan fi'il amr sama, artinya yang berubah ujungnya saja. Irama antara fi'il nahi dan fi'il amr, sama.
Jadi misalnya fi'il amr bab 1, fi'il nahinya laa taf'ul لاَ تَفْعُلْ
laa taf'ul لاَ تَفْعُلْ
laa taf'ulaa لاَ تَفْعُلاَ
laa taf'uluu لاَ تَفْعُلُوْا
laa taf'ulii لاَ تَفْعُلِيْ
laa taf'ulaa لاَ تَفْعُلاَ
laa taf'ulna لاَ تَفْعُلْنَ
Bab 2 (kAlI, fa'ala - yaf'ilu), maka fi'il nahinya laa taf'il, لاَ تَفْعِلْ
laa taf'il لاَ تَفْعِلْ
laa taf'ilaa لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'iluu لاَ تَفْعِلُوْا
laa taf'ilii لاَ تَفْعِلِيْ
laa taf'ilaa لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'ilna لاَ تَفْعِلْنَ
Bab 3 (mAnA, fa'ala - yaf'alu), fi'il nahinya laa taf'al, لاَ تَفْعَلْ
laa taf'al لاَ تَفْعَلْ
laa taf'alaa لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'aluu لاَ تَفْعَلُوْا
laa taf'alii لاَ تَفْعَلِيْ
laa taf'alaa لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'alna لاَ تَفْعَلْنَ
Bab 4 (bIsA, fa'ila - yaf'alu), fi'il nahinya laa taf'al, لاَ تَفْعَلْ
laa taf'al لاَ تَفْعَلْ
laa taf'alaa لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'aluu لاَ تَفْعَلُوْا
laa taf'alii لاَ تَفْعَلِيْ
laa taf'alaa لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'alna لاَ تَفْعَلْنَ
Bab 5 tidak ada fi'il nahinya.
Bab 6 (sendIrI, fa'ila yaf'ilu), fi'il nahinya laa taf'il, لاَ تَفْعِلْ
laa taf'il لاَ تَفْعِلْ
laa taf'ilaa لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'iluu لاَ تَفْعِلُوْا
laa taf'ilii لاَ تَفْعِلِيْ
laa taf'ilaa لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'ilna لاَ تَفْعِلْنَ
Baik, sekarang kita ambil mauzunnya.
Bab 1, nashoro – yanshuru; fi'il nahinya laa tanshur, لاَ تَنْصُرْ
laa tanshur لاَ تَنْصُرْ
laa tashuroo لاَ تَنْصُرَا
laa tanshuruu لاَ تَنْصُرُوْا
laa tanshurii لاَ تَنْصِرِيْ
laa tanshuroo لاَ تَنْصُرَا
laa tanshurna لاَ تَنْصُرْنَ
Bab 2, dhoroba - yadhribu, fi'il nahinya laa tadhrib, لاَ تَضْرِبْ
laa tadhrib لاَ تَضْرِبْ
laa tadhribaa لاَ تَضْرِبَا
laa tadhribuu لاَ تَضْرِبُوْا
laa tadhribii لاَ تَضْرِبِيْ
laa tadhribaa لاَ تَضْرِبَا
laa tadhribna لاَ تَضْرِبْنَ
Bab 3, fataha - yaftahu, fi'il nahinya laa taftah, لاَ تَفْتَحْ
laa taftah لاَ تَفْتَحْ
laa taftahaa لاَ تَفْتَحَا
laa taftahuu لاَ تَفْتَحُوْا
laa taftahii لاَ تَفْتَحِيْ
laa taftahaa لاَ تَفْتَحَا
laa taftahna لاَ تَفْتَحْنَ
Bab 4, 'alima - ya'lamu, fi'il nahinya laa ta'lam, لاَ تَعْلَمْ
laa ta'lam لاَ تَعْلَمْ
laa ta'lamaa لاَ تَعْلَمَا
laa ta'lamuu لاَ تَعْلَمُوْا
laa ta'lamii لاَ تَعْلَمِيْ
laa ta'lamaa لاَ تَعْلَمَا
laa ta'lamna لاَ تَعْلَمْنَ
Bab 5 fi'il nahinya tidak ada, kita lewati.
Bab 6, hasiba - yahsibu, fi'il nahinya laa tahsib, لاَ تَحْسِبْ
laa tahsib لاَ تَحْسِبْ
laa tahsibaa لاَ تَحْسِبَا
laa tahsibuu الاَ تَحْسِبُوْ
laa tahsibii لاَ تَحْسِبِيْ
laa tahsibaa لاَ تَحْسِبَا
laa tahsibna لاَ تَحْسِبْنَ
Alhamdulillah, dengan demikian kita telah menyelesaikan tashrif lughowiy dari fi'il amr dan fi'il nahi.
Baik, sebagai kesimpulan dari pelajaran yang ke-16 ini adalah: fi'il amr dan fi'il nahi berbeda dengan fi'il madhi dan fi'il mudhori yang tashrif lughowiy-nya ada 14. Tashrif lughowiy fi'il amr dan fi'il nahi hanya berjumlah 6, karena memang kata kerja perintah & larangan hanya ditujukan untuk kata ganti orang ke-2 yang jumlahnya hanya 6. Rumus untuk fi'il amr dan fi'il nahi sama, yang berubah hanya huruf terakhirnya saja.
Saya rasa cukup untuk pelajaran yang ke-16 ini. Dengan selesainya pelajaran yang ke-16 ini dan apabila rumus-rumusnya dihafal dengan baik, maka in sya Allah kita dapat dengan mudah melangkah ke bab-bab selanjutnya dari pembahasan ilmu shorof.
Jadi rumus tashrif lughowiy dari fi'il madhi hingga fi'il nahi, berlaku untuk semua bab tashrif tsulatsi mujarrod, tsulatsi mazid, ruba'i mujarrod dan ruba'i mazid.
Baik, saya cukupkan sampai di sini.
Semoga yang saya sampaikan bermanfaat.
teriSemoga dimudahkan segala urusan anda, amin !
ReplyDeleteterima kasih kk admin
ReplyDeleteNuwun
ReplyDeletejutaan tulisan penjelasan kyk gini padahal masih banyak materi lain dan contoh lain seperti وقى itu lafif mafruq klo di amr kan gmn dan gmn tasrif fiil amrnya smpe muannas jama muzakkar dan jama muannas, bosen liat fiil sulasi terus
ReplyDelete