MyMenu1

Wednesday, 18 June 2014

Dars 16 : Tashrif Lughawiy Fi’il Amar dan Fi’il Nahiy

 

Alhamdulillah kita telah sampai pada pelajaran yang ke-16. In sya Allah pada pelajaran yang ke-16 ini kita akan mempelajari tashrif lughowiy fi'il amr dan fi'il nahi.

Berbeda dengan fi'il madhi dan fi'il mudhori yang tashrif lughowiy-nya berjumlah 14, maka tashrif fi'il amr dan fi'il nahi hanya 6 saja. Sebagaimana kita ketahui, kata perintah pasti ditujukan untuk kata ganti orang ke-2 saja. Duduklah! Maksudnya: duduklah kamu, duduklah kalian, duduklah kamu wanita, duduklah kalian ber-2, duduklah kalian laki-laki, duduklah kalian wanita. Maka untuk fi'il amr dan fi'il nahi, tashrif lughowiy-nya hanya berjumlah 6 saja.

Baik, kita bahas satu persatu dari bab 1 sampai bab 6.

Alhamdulillah, seluruh tashrif lughowiy sifatnya sama, artinya ini berlaku untuk semua wazan, berlaku untuk tsulatsi mujarrod, tsulatsi mazid, ruba'i mujarrod dan ruba'i mazid.

Kita ambil contoh, misalkan: bab 1 (bAtU: fa'ala - yaf'ulu), fi'il amrnya uf'ul أُفْعُلْ .
Untuk fi'il amr ini, yang berubah hanya akhirnya. Demikian juga untuk fi'il nahi, yang berubah hanyalah akhirnya saja; untuk awalnya sama semua.

Jadi untuk:
anta أَنْتَ          --> uf'ul أُفْعُلْ
antumaa أَنْتَمَا --> uf'ulaa أُفْعُلاَ (tambahkan alif)
antum أَنْتُمْ      --> uf'uluu أُفْعُلُوْا (tambahkan u, waw dan alif)
Hampir sama dengan fa'ala, fa'alaa, fa'aluu.

Lalu bagaimana dengan anti? Untuk anti dtambahkan “ya” di belakangnya.

Jadi untuk: 

anti أَنْتِ           --> uf'ulii أُفْعُلِيْ
antumaa أَنْتُمَا --> uf'ulaa أُفْعُلاَ
antunna أَنْتُنَّ  --> uf'ulna أُفْعُلْنَ

Ini rumus fi'il amr dari anta أَنْتَ hingga antunna أَنْتُنَّ

Baik, saya ulangi:

anta أَنْتَ           --> uf'ul أُفْعُلْ
antumaa أَنْتُمَا  --> uf'ulaa أُفْعُلاَ
antum أَنْتُمْ       --> uf'uluu أُفْعُلُوْا
anti أَنْتِ            --> uf'ulii أُفْعُلِيْ
antumaa أَنْتُمَا  --> uf'ulaa أُفْعُلاَ
antunna أَنْتُنَّ   --> uf'ulna أُفْعُلْنَ

Ini berlaku untuk semua bab (bab 1 hingga bab 6). Bentuknya sama seperti ini.

Bab 2 (kAlI: fa'ala - yaf'ilu), fi'il amrnya if'il, إِفْعِلْ.

Maka rumus tashrif lughowiy-nya:

if'il       إِفْعِلْ
if'ilaa  إِفْعِلاَ
if'iluu إِفْعِلُوْا
if'ilii    إِفْعِلِيْ
if'ilaa  إِفْعِلاَ
if'ilna إِفْعِلْنَ

Bab 3 (mAnA: fa'ala - yaf'alu), maka fi'il amrnya if'al, إِفْعَلْ

if'al       إفْعَلْ
if'alaa   إِفْعَلاَ
if'aluu إِفْعَلُوْا
if'alii   إِفْعَلِيْْ
if'alaa إِفْعَلاَ
if'alna إِفْعَلْنَ

Bab 4 (bIsA: fa'ila - yaf'alu), fi'il amrnya if'al, إِفْعَلْ

if'al       إِفْعَلْ
if'alaa   إِفْعَلاَ
if'aluu إِفْعَلُوْا
if'alii   إِفْعَلِيْ
if'alaa   إِفْعَلاَ
if'alna  إِفْعَلْنَ

Bab 5 tidak ada fi'il amrnya, kita lewati.

Bab 6 (sendIrI : fa'ila - yaf'ilu), fi'il amrnya if'il, إِفْعِلْ

if'il        إِفْعِلْ
if'ilaa    إِفْعِلاَ
if'iluu  إِفْعِلُوْا
if'ilii    إِفْعِلِيْ
if'ilaa   إِفْعِلاَ
if'ilna  إِفْعِلْنَ

Semua yang telah disenbutkan tadi adalah wazannya.

Baik, kita ambil contoh mauzunnya dari bab 1 hingga 6.

Bab 1, bAtU: nashoro – yanshuru; fi'il amrnya unshur, أُنْصُرْ

unshur        أُنْصُرْ
unshuroo  أُنْصُرَا
unshuruu أُنْصُرُوْا
unshurii   أُنْصُرِيْ
unshuroo  أُنْصُرَا
unshurna أُنْصُرْنَ

Bab 2, kAlI: dhoroba – yadhribu; fi'il amrnya idhrib, إضْرِبْ

idhrib       إِضْرِبْ
idhribaa   إِضْرِبَا
idhribuu إِضْرِبُوْا
idhribii   إِضْرِبِيْ
idhribaa   إِضْرِبَا
idhribna  إِضْرِبْنَ

Bab 3, mAnA: fataha – yaftahu; fi'il amrnya iftah, إِفْتَحْ

iftah        إِفْتَحْ
iftahaa   إِفْتَحَا
iftahuu إِفْتَحُوْا
iftahii   إِفْتَحِيْْ
iftahaa   إِفْتَحَا
iftahna إِفْتَحْنَ

Bab 4, bIsA: 'alima – ya'lamu; fi'il amrnya i'lam, إِعْلَمْ

i'lam         إِعْلَمْ
i'lamaa    إِعْلَمَا
i'lamuu   إِعْلَمُوْا
i'lamii    إِعْلَمِيْ
i'lamaa    إِعْلَمَا
i'lamna  إِ عْلَمْنَ

Bab 5 tidak ada untuk fi'il amrnya, kita lanjut ke bab 6.

Bab 6, sendIrI: hasiba – yahsibu; fi'il amrnya ihsib, إِحْسِبْ

ihsib       إِحْسِبْ
ihsibaa   إِحْسِبَا
ihsibuu إِحْسِبُوْا
ihsibii   إِحْسِبِيْ
ihsibaa   إِحْسِبَا
ihsibna  إِحْسِبْنَ

Saya rasa cukup untuk fi'il amr.

Sekarang kita ke fi'il nahi. Fi'il nahi dan fi'il amr sama, artinya yang berubah ujungnya saja. Irama antara fi'il nahi dan fi'il amr, sama.

Jadi misalnya fi'il amr bab 1, fi'il nahinya laa taf'ul لاَ تَفْعُلْ
laa taf'ul        لاَ تَفْعُلْ
laa taf'ulaa    لاَ تَفْعُلاَ
laa taf'uluu  لاَ تَفْعُلُوْا
laa taf'ulii    لاَ تَفْعُلِيْ
laa taf'ulaa   لاَ تَفْعُلاَ

laa taf'ulna لاَ تَفْعُلْنَ

Bab 2 (kAlI, fa'ala - yaf'ilu), maka fi'il nahinya laa taf'il, لاَ تَفْعِلْ

laa taf'il        لاَ تَفْعِلْ
laa taf'ilaa    لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'iluu   لاَ تَفْعِلُوْا
laa taf'ilii     لاَ تَفْعِلِيْ
laa taf'ilaa    لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'ilna   لاَ تَفْعِلْنَ

Bab 3 (mAnA, fa'ala - yaf'alu), fi'il nahinya laa taf'al, لاَ تَفْعَلْ

laa taf'al       لاَ تَفْعَلْ
laa taf'alaa   لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'aluu لاَ تَفْعَلُوْا
laa taf'alii   لاَ تَفْعَلِيْ
laa taf'alaa   لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'alna لاَ تَفْعَلْنَ

Bab 4 (bIsA, fa'ila - yaf'alu), fi'il nahinya laa taf'al, لاَ تَفْعَلْ

laa taf'al       لاَ تَفْعَلْ
laa taf'alaa   لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'aluu لاَ تَفْعَلُوْا
laa taf'alii   لاَ تَفْعَلِيْ
laa taf'alaa   لاَ تَفْعَلاَ
laa taf'alna  لاَ تَفْعَلْنَ

Bab 5 tidak ada fi'il nahinya.

Bab 6 (sendIrI, fa'ila yaf'ilu), fi'il nahinya laa taf'il, لاَ تَفْعِلْ

laa taf'il        لاَ تَفْعِلْ
laa taf'ilaa    لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'iluu  لاَ تَفْعِلُوْا
laa taf'ilii  لاَ تَفْعِلِيْ
laa taf'ilaa   لاَ تَفْعِلاَ
laa taf'ilna  لاَ تَفْعِلْنَ

Baik, sekarang kita ambil mauzunnya.

Bab 1, nashoro – yanshuru; fi'il nahinya laa tanshur, لاَ تَنْصُرْ

laa tanshur        لاَ تَنْصُرْ
laa tashuroo     لاَ تَنْصُرَا
laa tanshuruu  لاَ تَنْصُرُوْا
laa tanshurii     لاَ تَنْصِرِيْ
laa tanshuroo   لاَ تَنْصُرَا ­­­­­
laa tanshurna  لاَ تَنْصُرْنَ

Bab 2, dhoroba - yadhribu, fi'il nahinya laa tadhrib, لاَ تَضْرِبْ
laa tadhrib        لاَ تَضْرِبْ
laa tadhribaa    لاَ تَضْرِبَا
laa tadhribuu  لاَ تَضْرِبُوْا
laa tadhribii    لاَ تَضْرِبِيْ
laa tadhribaa    لاَ تَضْرِبَا
laa tadhribna  لاَ تَضْرِبْنَ

Bab 3, fataha - yaftahu, fi'il nahinya laa taftah, لاَ تَفْتَحْ

laa taftah        لاَ تَفْتَحْ
laa taftahaa    لاَ تَفْتَحَا
laa taftahuu لاَ تَفْتَحُوْا
laa taftahii   لاَ تَفْتَحِيْ
laa taftahaa   لاَ تَفْتَحَا
laa taftahna لاَ تَفْتَحْنَ

Bab 4, 'alima - ya'lamu, fi'il nahinya laa ta'lam, لاَ تَعْلَمْ

laa ta'lam         لاَ تَعْلَمْ
laa ta'lamaa    لاَ تَعْلَمَا
laa ta'lamuu  لاَ تَعْلَمُوْا
laa ta'lamii    لاَ تَعْلَمِيْ
laa ta'lamaa    لاَ تَعْلَمَا
laa ta'lamna   لاَ تَعْلَمْنَ

Bab 5 fi'il nahinya tidak ada, kita lewati.

Bab 6, hasiba - yahsibu, fi'il nahinya laa tahsib, لاَ تَحْسِبْ

laa tahsib         لاَ تَحْسِبْ
laa tahsibaa     لاَ تَحْسِبَا
laa tahsibuu   الاَ تَحْسِبُوْ
laa tahsibii     لاَ تَحْسِبِيْ
laa tahsibaa     لاَ تَحْسِبَا
laa tahsibna   لاَ تَحْسِبْنَ

Alhamdulillah, dengan demikian kita telah menyelesaikan tashrif lughowiy dari fi'il amr dan fi'il nahi.

Baik, sebagai kesimpulan dari pelajaran yang ke-16 ini adalah: fi'il amr dan fi'il nahi berbeda dengan fi'il madhi dan fi'il mudhori yang tashrif lughowiy-nya ada 14. Tashrif lughowiy fi'il amr dan fi'il nahi hanya berjumlah 6, karena memang kata kerja perintah & larangan hanya ditujukan untuk kata ganti orang ke-2 yang jumlahnya hanya 6. Rumus untuk fi'il amr dan fi'il nahi sama, yang berubah hanya huruf terakhirnya saja.

Saya rasa cukup untuk pelajaran yang ke-16 ini. Dengan selesainya pelajaran yang ke-16 ini dan apabila rumus-rumusnya dihafal dengan baik, maka in sya Allah kita dapat dengan mudah melangkah ke bab-bab selanjutnya dari pembahasan ilmu shorof.

Jadi rumus tashrif lughowiy dari fi'il madhi hingga fi'il nahi, berlaku untuk semua bab tashrif tsulatsi mujarrod, tsulatsi mazid, ruba'i mujarrod dan ruba'i mazid.

Baik, saya cukupkan sampai di sini.

Semoga yang saya sampaikan bermanfaat.

4 comments:

  1. teriSemoga dimudahkan segala urusan anda, amin !

    ReplyDelete
  2. jutaan tulisan penjelasan kyk gini padahal masih banyak materi lain dan contoh lain seperti وقى itu lafif mafruq klo di amr kan gmn dan gmn tasrif fiil amrnya smpe muannas jama muzakkar dan jama muannas, bosen liat fiil sulasi terus

    ReplyDelete

Share