MyMenu1

Tuesday, 13 January 2015

Tanya Jawab Nahwu: Keterangan Tempat &Waktu (Dzharaf Makan dan Dzharaf Zaman)

Ustzh.Muthmainnah Jawas,Lc,
Musyrifah Indri Ummu Yusuf
Kelas 1A
Korlas: Susi Ummu Rino


1⃣   Tanya (T) :  Bagaimana cara mengenali mashdar dlm suatu kalimat?

      Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Dengan melihat bentuknya sesuai yg telah kita ketahui, hafal, dan atau lihat di kamus


2⃣   Tanya (T): Dzharaf zaman dan makan ini sebenar nya banyak kan... tdk cuma spt yg di diktat dan audio dan video saja... semua dihafal kan... bgm penggunaan nya dlm kalimat... apa ada kiat2nya...
    
     Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Digunakan sesuai dengan maknanya saja..


3⃣   Tanya (T) : bagaimana meletakkan mashdar dan dzharaf dlm suatu kalimat? di akhir, setelah kata yg ditegasi atau boleh di awal kalimat?

      Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Mashdar sbg penguat rata2 di akhir. Karena dia sbg maf'ul, maka terletak setelah fi'il fa'il. Adapun dzharf ada yg bisa diletakkan di awal. Tp tdk semua.




4⃣   Tanya (T):

     Untuk kata "di depan" ada bbrp Dzharaf makan... أمام.... إزاء... حذاء.... تلقاء.... قدّام , Bagaimana cara penggunaan dlm kalimat... apa bedanya... apa ada kiat nya...

          Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Ada. Amaama sama dgn quddaama. Izaa'a sama dgn hidzaa'a artinya beriringan. Tilqoo'a berhadapan


 Tanya=    Dzharaf zaman dan Dzharaf makan ... yg di  tasrif istilahi... apa jg bs dipakai sebagai keterangan dr jumlah mufidah yg dibaca Nashab....
-
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Dalam tashrif tidak termasuk zharaf


Tanya :   هُنَا dan هَهُنَا... apa bedanya... kapan dipakai nya....      yg artinya sama2 "disini"
-----------
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Ha dalam hahuna littanbih, semacam isyarat penekanan.


Tanya : Kapan pakai ثَمَّ dan kapan pakai ثَمَّةَ ...apakah ada hubungan nya dg mudzakkar dan muannast...
-----------
 Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Tsammata hanya muannats secara lafazh saja. Penggunaannya sama seperti tsamma, boleh yg mana saja. Tdk trgantung dgn mudzakkar dan muannats.


Apakah ini Dzharaf Zaman juga: ثَنَةٌ..... (tahun)... اَسْبُوْعٌ  (minggu)...  سَاعَةٌ  (jam)
----------
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Ketika dipakai untuk menunjukkan waktu, asal bermakna fii (pada), maka masuk..


Tanya : Dzharaf ini bisa dibaca Rofa' / Majrur / Nashab sesuai kedudukan nya kan...sbb ada yg yaumil akhiri...apa ada yg dibaca jazm ( sukun) ? Yaumul akhiri
-------------
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Kalau sudah ada huruf jar yg membuat dia jd majrur, atau dia marfu krna menjadi mubtada atau khobar, maka saat itu dia tdk menjadi zharaf.



Tanya  : وَاَحْصَى كُلُّ شَيْءٍ عَدَدًا Belum paham dg mashdar ini mohon dijelaskan...
---------
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: 'adad disitu bukan mashdar.. Dia tamyiz. Nanti akan ada pelajarannya in sya Allah.



5⃣   Tanya (T) : Ustadzah mau tanya, di dlm surat Al qadr ayat 1 لَيْلَةِ  ayat 2 dan 3 لَيْلَةُ . Kenapa koq tdk لَيْلَةَ ? berarti dharaf klu kena jar tetap majrur ya?
----------
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Iya. Karena dzharaf bukan isim mabniy, tp manshub. Maka dia berubah ketika ada huruf jar menjadi majrur. Dan pd saat itu dia disebut dgn isim majrur, bukan dzharaf .
Di dlm surat Al qadr ayat 1 لَيْلَةِ  ayat 2 dan 3 لَيْلَةُ . Kenapa koq tdk لَيْلَةَ ?----Krna menjadi mubtada. Dan pd saat itu dia tidak disebut dzharaf, tp mubtada. Tetap hrs dilihat posisinya sbg apa.


Tanya:  Ustadzah soal pekan 7 yg no 2 bukhori itu bukannya nama orang. Apakah tetep hrs pakai Al? Nama orang sendiri khan sdh makrifah...mhn penjelasan?
: klo tidak salah bukhari itu penisbahan kepada nama tempat bukhara...benar apa tidak ya ustadzah...?
---------
Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Nama marga, penisbatan masuk isim alam, ma'rifah .Jawaban mba Willy sudah benar utk pertanyaannya mba edy...



Atas semua jawaban yg diberikan kami ucapkan Syukran waJazakillahu khayran.

🌳Barakallahu fiikunna
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Ustadzah= Muthmainnah Jawwas, Lc
Musayrifah= Ummu Ammar
Kelas =1C
Korlas= Erniria Ramayani




Tanya= Apakah مَرَّ (berpapasan) itu fi'il lazim
-----
Jawab==> Iya


Tanya=  Di PR Pekan 6 soal nmr 2
Saya berpapasan dg ayah saya yg mulia dan ibu saya yang cantik
مَرَرْتُ بِأبِيْ الكَرِيْمِ وَ أُمِّيْ الجَمِيْلَةِ .
Jika saya ingin buat kalimat "saya berpapasan dg seorang ayah yg mulia dan seorang ibu yg cantik" (ayah dan ibu nakirah) apa benar jadi
مَرَرْتُ بِأبِيْ كَرِيْمٍ وَ أُمِّ جَمِيْلَةٍ ?
------
Jawab==> Tidak. Na'at harus sama dr segi ma'rifah & nakirohnya.. Silahkan lihat dr kunci jawaban yg sudah dishare ya..




Tanya= Masih bingung di materi taukid. Apa benar kesimpulan saya ini: utk نفس dan عين digunakan dlm bentuk mufrad ditambah dhamir yg sesuai di belakangnya. Utk tatsniyah dan jamak digunakan انفس dan اعين ditambah dhamir yg sesuai dibelakangnya?
--
Jawab==> Ahsanti..



Tanya=  Utk كُلُّ apa benar begini:
Utk mufrad dan jamak digunakan كُلُّ ditambah dhamir yg ssuai di belakangnya.
Utk tatsniyah digunakan كِلَا utk mudzakar, ditambah dhamir هما, dan digunakan كِلْتَا utk muannats ditambah dhamir هما?
--
Jawab==> Ahsanti..


Tanya= Lebih bingung utk اَجْمَعُ, bagaimana cara membedakan penggunaannya utk mufrad, tatsniyah, dan jamak serta muannats dan mudzakar?
--
Jawab==> Dalam diktat tertera hanya untuk mudzakkar jamak. Yg ketika marfu ajma'uun, manshub & majrur dgn ajma'iin.



Tanya= Ustadzah, saya mau tanya.
Pada kalimat : ضٓرٓبْتُهُ  
Dinamakan apakah هُ di sini? Apakah isim dhomir?
--
Jawab==> Na'am.


Tanya= Apakah هُ pada ضٓرٓبْتُهُ di sini berkedudukan sbg maf'ul bih?
--
Jawab==> Na'am..


Tanya= Jika fa'ilnya bukan saya, tp antumaa (kamu laki2 berdua), apakah kaimatnya mjdi: ضٓرٓبْتُمٓا هُ ?
--
Jawab==> Na'am.
(Kamu berdua lk2 sdh memukul dia lk2)




Tanya= Apakah dzharaf zaman dan dzharaf makan termasuk mabniy?
--
Jawab==> Tidak. Isim manshub..



Tanya= Apakah semua dzaraf zaman bisa diletakkan di awal kalimat?
--
Jawab==> Tidak semua..


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Ustazdah: Rahimah Tartila, Lc.
Musyrifah: Manda Ummu Salman
Kelas :1D



01
PERTANYAAN
Ustadzah, kadang bingung gimana cara membuat susunan kalimat mubtada khabar badal.  Beda kan dari segi arti dan kaidahnya? Juga untuk penyusunan yang ada taukidnya. Jika muakadnya itu boleh fail/maf'ul bih cara yang mudah membuat kalimatnya gimana?

JAWABAN
Cara mudah membuat kalimat:
- Paham kaidah setiap komponen penyusun kata
-  Banyak latihan

02
PERTANYAAN
Untuk dzaraf makan, apa yang membedakan penggunaan kata أَمَامَ، إذَاءَ dan حِذَاءَ , secara arti maknanya sma di depan?

JAWABAN
Sama saja, tapi yang sering digunakan adalah kata امام

03
PERTANYAAN
Kedudukan dzharaf zaman apakah selalu di akhir kalimat atau biasa diatas atau ditengah kalimat?  Seperti dalam bahasa Indonesia: Pada suatu hari,  Kancil dan buaya...?

JAWABAN
Bisa di depan atau tengah. Contoh seperti dalam ayat:
... ALLAH berfirman اليوْمَ اكملت لكم....pada hari ini telah AKU sempurnakan


04 PERTANYAAN
penggunaan غدوة dan بكرة apakah sama artinya atw ada batas wktu?
misal kl saya pergi k kampus pagi hari,  pakinya غدوة atw بكرة yang tepat

JAWABAN
sama aja

05
PERTANYAAN
untuk dzharaf makan :
depan rumah saya tempat parkiran mobil
أَمامَ بَيْتِيْ مَوَاقِفُ السَّيَّارَاتِ
Apakah kalimat ini sdh benar?

JAWABAN
kalimat 👆sudah benar

06
PERTANYAAN
Untuk soal tugas pekan ke 7 no 2.5,jawaban untuk taukidnya kullihinna..kenapa ga kullihunna y?kan dhamirnya hunna..apa ada kaidahnya?

JAWABAN
Untuk memudahkan pelafalan. Sama halnya sprt kullu hum mnjd kullihim

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Ustadzah = Roisah Muzayyanah
Musyrifah =Sisie Ummu 'Aisyah
Kelas 1G
Perekap= Sisie Ummu 'Aisyah

Tanya= Apakah ada kaidah utk Isim yg jatuh setelah masdar? seperti kaidah mudhof ilaih (harus jar dan ma'rifah.. ) atau tdk terikat seperti mudhof ( bisa rofa, nasab dan jar, tergantung kebutuhan)
---------
Jawab==> Tergantung kebutuhan. Tp seringnya isim yg terletak stlh mashdar mjd mudhaf ilaih atau na'at.


Tanya= Untuk dzaraf makan, kata yg mempunyai arti didepan ada 4 kata, utk penggunaannya apakah sama saja ?
--------
Jawab==> Sama



Tanya= : Ust mudhof ilaih harus pake alif lam tidak?
-------
Jawab==> Tdk mesti



Tanya : Ada ketentuanny kah yg pakai alif lam yg seperti apa?
......
Jawab==>  Tdk ada, tergantung kita maunya apa. Apakah isim nakirah (yg msh umum), atau isim ma'rifat (menunjuk kpd kt benda tertentu).



Tanya: apakah jika setelah dzharaf zaman n makan ada isim maka dzharaf tsb sama dgn mudhof shg tdk boleh tanwin atau pke alif lam?
-------
Jawab==>  Na'am, dzaraf tsb jg sbg mudhaf



Tanya : Utk soal no 4 membuat kalimat, fiil + fail + naat + maful bih + mudhof ilaih + dhorof jaman + mudhof ilaih, dalam contoh di diktat dhorof jaman disimpan dibelakang kalimat, contoh dhorof jaman yg jadi mudhof seperti apa ya?
-------
Jawab==> : ليلةَ الأحدِ
Tambahan=  Qabla dan ba'da jg termasuk dzaraf zaman yg sll mjd mudhaf.


Tanya= Ustadzah... nomor tiga jumlah fi"liyyah kaidahnya FIRA ...udzkuruu bukannya tuk jamak? Afwan masi binun kenapa ✅
----------
Jawab==> Coba perhatikan artinya..
"Udzkuruu" itu fiil amr utk dhamir antum, artinya: kalian (laki2 jamak) berdzikirlah.

Untk fiil amr kita tdk perlu lihat fiilnya mufrad atau tatsniyah atau jamak.. krn fiil amr PASTI mufrad.
Bila dia bersambung dgn huruf alif (tatsniyah) atau wau (jamak), maka alif dan wau tsb adalah fa'ilnya yg brp dhamir muttashil..

Jadi pd kalimat di atas fiil amr nya adalah "udzkur". Adapun huruf waw, dia disebut wawul jama'ah dan kedudukannya adalah sbg fa'il.


Tanya= Syukron ustadzah... jadi kaidah FIRA tidak berlaku untuk fiil amr, bole disimpulkan begitu kah?
-------
Jawab==>  Bisa jadi


Tanya: Afwan... jadi 14 ya karena 12 + 2 kah?
-----------
Jawab==> Yg 'pasti' zharaf zaman ada 12.. Adapun qabla dan ba'da, keduanya bisa mjd zharaf zaman bisa pula zharaf makan.

Tambahan==> Afwan, ralat.
Qabla dan ba'da yg rajih adalah betul khusus utk zharaf zaman.
Pendapat yg menyatakan bisa jg utk zharaf makan adlh pendapat yg lemah.
Allahu a'lam.

Jadi betul bunda Rahmi, zharaf zaman ada 14.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

No comments:

Post a Comment

Share