MyMenu1

Tuesday, 13 January 2015

Tanya Jawab Nahwu : Keterangan Penguat (Taukid) dan Keterangan Pengganti (Badal)

REKAP TANYA JAWAB

Ustazahh.Muthmainnah Jawas,Lc,
Musyrifah Indri Ummu Yusuf,
Kelas= 1A



1⃣ Tanya (T) --- Susi Ummu Rino :  Bgmn bentuk fiil apakah mudzakkar atau muannats bila failnya campuran laki laki dan perempuan??

Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Jika fail banyak tsb dihubungkan dgn waw athaf, maka fi'il disesuaikan dengan fa'il terdekat.



2⃣ Tanya (T) --- Ummu Nisa : Pada kalimat محمدٌ رَسُولُ اللهِ kedudukan رسولُ اللهِ sebagai badal dan pada kalimat  نَبيِّينَا مُحَمد kedudukan muhammad sebagai badal, apakah bisa disimpulkan bahwa badal selalu terletak setelah mabdul?

Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Iya, badal selalu terletak setelah mubdal minhu. Badal dan taukid ini termasuk taabi'(pengikut), jd harus terletak setelahnya



3⃣ Tanya (T) --- Puji   : Ustadzah....ان ( inna ) bukan termasuk taukid, lalu digolongkan ke mana? Kata sebelum taukid apakah bilangannya harus jama' atau bisa juga menjelaskan mufrad?

🔸Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Inna masuk huruf taukid. Nanti ini akan ada pelajarannya, in sya Allah. Adapun yg kita bahas sekarang adalah lafazh (isim) yg menguatkan isim sebelumnya. Kata sebelum taukid bilangannya bisa mufrad..




4⃣ Tanya (T) --- Susi Ummu Rino : Sering dengar kata jami'an, apakah ini taukid juga?

🔸Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Bukan, dia tdk masuk taukid.



5⃣ Tanya (T) --- Susi Ummu Rino : Kalau misalnya kalimatnya, "saya mendapat buah 3 jenis ya betul sungguhan deh 3jenis gak bohong " memperkuat kata angka 3..bagaimanakah kaidahnya? Kalau lafadz takbiran dimana allahu akbar diulang ulang, itu taukid?

🔸Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Nah, kalo begini coba dibuat dulu kalimatnya, baru ditentukan pakai taukid yg mana. Kembalinya nanti ke yg dihitungnya (ma'dud) bukan ke bilangannya (adadnya). Lafadz takbiran dimana Allahu Akbar diulang ulang adalah taukid .



6⃣ Tanya (T) --- Edi Srimulyanti: Kapan digunakan النفس dan kapan العين demikian juga كلّ dengan أجمع ? apakah suka2 kita atau ada kaidahnya lagi?

🔸Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc : Bisa kapan saja



7⃣ Tanya (T) --- Ummu Nisa : Pada surat ali imran ayat 38 doa nabi zakariyaقَال ربِّ  هَبْ لِي… .. apa yang menyebabkan ربِّ menjadi majerur?

Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc :  Nah, kalo ini ada pembahasan khususnya, idhofah ke ya' mutakallim, asalnya adalah Rabbii ربي , yg kemudian dibuang ya'nya.. In sya Allah dipelajari dalam nahwu tingkat lanjut. Tidak di bina ini..



8⃣ Tanya (T) --- Danny Fitri :

1. Taukid selalu diidhafahkan dg dhamir? Letaknya persis setelah kata yg ditaukidkan?

2. Nafsu dan ainu sama artinya, kapan menggunakan nnafsu dan kapan menggunakan ainu? Sama halnya kullu dan ajmau

Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc :

1. Ya ,Taukid selalu diidhafahkan dg dhamir dan letaknya persis setelah kata yg ditaukidkan, kecuali ajmauun / ajmaiin. Taukid & badal disebut taabi'(pengikut), jd taukid harus trletak setelah kata yg ditaukidkan (muakkad) dan badal harus terletak setelah kata yg dibadalkan (mubdal minhu)

2. Nafsu dan ainu sama artinya, Bisa digunakam kapan saja




9⃣ Tanya (T) --- Ummu Nisa : Taukid harus sama dari sisi ma'rifat dan nakirah nya ,kalimat مرَرْتُ بالقَومِ أَجْمَعِينَ، kata ajma'iina apa sdh ma'rifah knp tdk diberi alif lam juga seperti kata alqoum?

Jawab (J)--- Ustadzah Muthmainnah Jawas,Lc: Ada kesalahan kaidah dlm diktat. Karena semua taukid ma'rifah. Taukid dgn ajma'iin tdk pernah pakai alif lam.

Atas semua jawaban yg diberikan kami ucapkan Syukran waJazakillahu khayran

Barakallahu fiikunna

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Ustadzah= Muthmainnah Jawwas,Lc
Musyrifah= Indriya Ummu Yusuf
Kelas 1B



🔸Tanya 👉 Di diktat hal 136 contoh badal yg "aku telah melihat mobilnya zaid* jika diubah dlm bentuk mudhof mudhof ilaihi bisa jg ya? Menjadi sayyarota zaidin?


🔸Jawab ustadzah👉 Pertanyaan yg sama dr 1c, ana copy ya 👇

Pada buku halaman 136 contoh utk badal a.l :
رٓءٓيْتُ زٓيْدًا سٓيّٓارٓتٓهُ

Yg ingin saya tanyakan :
(1) Mengapa sayyaarotahu digunakan sbg badal utk Zaidan?  
(2) Bukankah kata sayyaarotahu di atas menunjukkan kepemilikan?
(3) Kenapa tidak menggunakan kalimat ini :

رٓءٓيْتُ سٓيّٓارٓةٓ زٓيْدٍ

Bukankah seharusnya dpt digunakan frase "sayyaarota zaidin" sbg mudhof mudhof ilaih?

🔸Penjelasan ➡➡ Karena untuk penekanan bahwa yg dimaksud oleh dia, yg dia lihat adalah mobilnya si zaid.. Memang kalo dr segi makna hampir mirip.. Tp badal tdk bisa menjadi mudhaf-mudhaf ilaih. Keduanya hal yg berbeda



🔸Tanya 👉 ustadzah, kapan kita pake kata النَّفسُ  , kapan pake kata العَينُ dalam kalimat?

🔸Jawab 👉Untuk 'aqil (yg berakal) bisa pakai keduanya.
Untuk ghairu aqil pakai 'ain saja. Bisa kapan saja.




🔸Tanya 👉 Kaidah yg digunakan untuk badal itu apa ya?  adakah kaidah khusus untuk kata sebelum badal atau sesudahnya selain irob dan nakirah ato makrifatnya?

🔸Jawab 👉 Kaidah nya:
- badal hrs terletak setelah mubdal minhu
- sama kedudukannya (mrfu majrur atau manshub)
- badal harus sesuatu yg dimaksud dlm pembicaraan.
- utk badal yg menjelaskan bagian sesuatu dr mubdal minhu, maka harus ada dhamir yg kembali kpdnya.


🔸Tanya 👉 apa yg membedakan penggunaan kata kullu dan ajma'u ?

🔸Jawab 👉 Sama2 utk cakupan. Bisa digunakan kapan saja.



🔸Tanya👉  ustadzah, kalau dlm Al Qur'an  sering terjemahan kata Dia utk الله , apakah itu termasuk penekanan?

🔸Jawab 👉 Maksudnya? Kata ganti huwa bukan sbg taukid.



🔸Tanya 👉 contoh didiktat
قَامَ زَيْدٌ نَفْسُهُ
Klo fa'ilnya di ganti dgn muannast,apakah berubah jadi نَفْسُهَا?
Afwan ana masih bingung,contoh didiktat utk mudzakkar semua?

🔸Jawab👉  Benar..



🔸 Tanya 👉 afwan ustajah untuk kaedah badal ini kaedahnya sama juga harus sama jenis,sama bilangan ,dan sama i'robnya?

🔸Jawab 👉 Tdk mesti sama jenis ketika yg di maksud sebagian dr sesuatu yg ingin dibadalkan. Sebagian Kaidah2 badal sudah ana sebutkan dipertanyaan sebelum ini ya 👆



🔸Tanya 👉 msh bingung ustadzah,  kalau dlm bhs Indonesia Taukid jarang digunakan selain utk jabatan ya?

🔸Jawab 👉 Sering. Kalo dlm indonesia, "saya melihatmu, iya kamu! "



🔸Tanya 👉 ustajah kata ajmau yang digunakan untuk badal boleh diubah jadi ajmaun atau ajmain?

🔸Jawab 👉 Ajmau utk taukid, bukan badal.



🔸Tanya 👉 Posisi na'at man'ut, badal mabdul, taukid + pasangannya itu apakah boleh dibolak balik? Apa kata keterangan hrs selalu setelah kata yg diterangkan?

🔸Jawab 👉 Tidak bisa. Kesemuanya termasuk taabi'  (pengikut). Yg namanya pengikut terletak setelah yg diikuti



🔸Tanya 👉 Misalnya "khairun nisa" itu apa ya ustadzah?

🔸Jawab 👉 Coba diperhatikan susunannya. Dia mudhaf-mudhaf ilaih



🔸Tanya 👉 Nanya juga, contoh badal di diktat itu muhammadun rosulu allahi. Badalnya dlm bntk mudhof mudhof ilaih. Apakah badal harus sprti itu?atau cukup 1 kta juga bisa?contoh badal dlm  1 kt bgmn?

🔸Jawab 👉 Bisa satu kata.
Misal  
الأستاذ محمد
Muhammad badal dr ustadz



🔸Tanya 👉 afwan ustajah untuk taukid apakah perubahannya menjadi ajmaun atau ajmain berdasarkan kaedah sebelumnya?

🔸Jawab 👉 Tdk ada kaidah khusus. Bisa kapan saja digunakan. Keduanya Utk jamak



🔸Tanya 👉 Ya, pertanyaan sy diwakili oleh mb winarsih . Jawaban ustadzah utk pertanyaan sy sblmnya agak nyolek dikit pertanyaan japri sy kmrn. Cuma dikit lg biar lbh jelas, utk badal misal setelah kata al ustadzun itu boleh pake alif lam atau tidal?

🔸Jawab 👉 Berkaitan dengan wajibat ini. Tetap tdk ana jawab skrg ya
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Ustadzah = Muthmainnah Jawwas
Musyrifah =Ummu Ammar
Kelas 1C
Korlas= Erni Ria Ramayani


Tanya= Ustadzah...kl khobar berupa isim ma'rifat bgmn membedakannya dg na'at? mhn pnjlasannya.
Syukron.
­­­
Jawab= Lihat dr maknanya. Untuk membedakan semuanya, kembali lg ke makna. Lihat
maknanya..

Tanya= Kata...اللغةالعربية knppa ke naat
manut bukan idhofah?
­­
Jawab= Dalam bhs arab, penambahan ya tasydid (ditambah ta marbuthah utk muannats) yg
dinisbatkan kepada sesuatu, maka dia menjadi na'at/sifat jika ingin digandengkan dgn
isim sblmnya. Misal spt td al arabiy/al arabiyyah alislamiy/alislamiyyah, al ibtidaiyyah,
dll.



Tanya= Ustadzah, ن dan ا apakah termasuk isim ghairu munsharif karena berakhiran dg القرأَُن ?

Jawab= isim ghairu musharif kan ada pola2nya jadi bisa dicocokan dan apakah termasuk dari
10 point bagian isim ghairu musharif, yassarallahu. Bisa di cari secara mandiri dulu :)



Tanya= Afwan,saya mau tanyabsoal KOIN no.1
?
1)Bukankah  merupakan na'at man'ut dan bukannya mudhof­ mudhoif ilaih الَّطالُِبالُمْجتِٓهُد

(2)Kalau benar sbg na'at man'ut ,bukankah tidak ada kaidah yg menyatakan bhw kata yg
pertama(man'ut) tdk boleh dilekati al spt kententuan pd mudhof?
Syukron

Bantu jwab: Khabar bentuk asalnya nakirah ukh susie, cmiiw
Bantu jg boleh ya.... kl itu naat manut berarti jumlah blm mufidah mba susie...sok tau

Eh kp ath tholib pake al mksdnya...hihi
Ga profesional ya jwbn ana..hehe afwan.
Setuju jawaban tmn2... klu pake alif lam artinya dia yg murid yg bersungguh2.. belum
sempurna...Klu tdk pake alif lam artinya dia adalah murid yg bersungguh2. Sdh sempurna..

Ustadzah Tina: Ahsantunna akhawaatii




👉Tanya= Pada buku halaman136 contoh utk badal👉 a.l:
رٓءٓيُْت زٓيًْدا سّٓيٓارٓتٓهُ
Yg ingin saya tanyakan:
(1)Mengap sayyaarotahu digunakan sbg badal utk Zaidan?
(2)Bukankah kata sayyaarotahu diatas menunjukkan kepemilikan?
(3)Kenapa tidak menggunakan kalimat ini:
رٓءٓيُْت سّٓيٓارٓةٓ زٓيٍْد
Bukankah seharusnya dpt digunakan frase "sayyaarotazaidin" sbg mudhof mudhof ilaih?
­­­
👉Jawab= Karena untuk penekanan bahwa yg dimaksud oleh dia, yg dia lihat adalah mobilnya si
zaid.. Memang kalo dr segi makna hampir mirip..



Tanya= Apakah آْجمُٓعون digunakan jika kata yg diperkuat dlm keadaan marfu?

­­Jawab= Na'am..



Tanya= Apakah آْجمِٓعين digunakan jika kata yg diperkuat dlm keadaan majrur ataupun manshub?
­­
Jawab= Na'am..



Tanya= Jika fa'ilnya adlh muannats,apakah taukidnya juga utk muannats?
Mis:
(a)jika fa'ilnya fathimah,apakah taukidnya mjd nafsuhaa/'ainuhaa?
­­­
Jawab==> Iya, dhamir setelah taukid kembali ke muakkadnya..



Tanya==> apakah taukidnya menjadi الُمْسلِمٓاُت b)jika fa'ilnya jamak muannats salim)
nafsuhunna/ainuhunna /kulluhunna/ajma'uun?
­­­
Jawab==> Kalo nafs dan ain digunakan untuk jamak dan mutsanna, maka dia juga berubah
menjadi jamak

نفس :أَنْفس
عين :أَْعيُن



Tanya= Jd kalo muannats salim anfusuhunna, dan bgtu seterusnya..
sbg taukid hanya digunakan utk mufrod saja,ataukah juga bisa utk الّنْٓفُس/العٓيُْن Apakah
tatsniyah maupun jamak?
­­­
Jawab==> Bisa untuk semua. Sebagaimana sudah ana jelaskan di pertanyaan sebelum ini...



Tanya= Apakah  آْجمُٓع/ كُّل sbg taukid bisa digunakan pada mufrod/tatsniyah?Boleh minta contohnya Ustadzah?
­­­
Jawab= Kullu dan ajma'u bisa untuk mufrad. Kalo mutsanna pakainya kilaa (mudzakkar) atau
kiltaa (muannatsnya)



Tanya==> jadi badal bisa berbentuk mudhaf mudhaf ilaih?
­­
Jawab==> Tidak bisa. Badal dan idhofah hal yg berbeda. Itu hanya kemiripan makna



Tanya==> Pada buku hal 135 contoh badal rosuluLLahi,bukankah itu idhofah?
­­­
Jawab==> Oooh, afwan. Ana salah memahami soal. Td terburu2 bacanya.. Iya benar, bisa..
Bahkan banyak yg berupa mudhaf ­mudhaf ilaih..



Tanya==> Afwan,Ustadzah,saya masih belum mengerti.Pd buku hal 136
رٓءٓيُْتزٓيًْداسّٓيٓارٓتٓهُ
Itu adalah contoh utk badal,bukan penguat/taukid Ustadzah.Itu penjelasannya bgmn
Ustadzah?
­­­
Jawab==> Iya, maksud ana penekanan disitu bukan bermakna taukid ya.. Maksudnya mobilnya itu yg dimaksud, bukan zaidnya

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Ustadzah = Rohimah
Musyrifah = Manda Ummu Salman
Kelas = 1D Binum


TANYA👉 Mohon dijelaskan keadaan irobnya kata نِصْفَهُ   pada hal. 135 dinikmati.
Saya makan ikan setengah bagiannya saja.

أَكُلْتُ السَّمَكَ نِصْفَهُ
JAWABAN

نِصْفَهُ ⬅
adalah mudhof untuk dhomir hu dan badal dr kata السمك yang mana dia berkedudukan maf'ul bih.


Tanya 👉 Dr artinya diri -  النَّفْسُ  dan  العَيْنُ  ، kata yg diperkuatnya harus ma'rifah?
Jawab :
Iya, harus ma'rifat.


Tanya 👉Begitu juga كُلُّ dan أَجْمَعُ untuk kata yang diperkuat yg  bentuk mutsanna  dan jamak saja?
Jawab :
kalo اجمع khusus jamak,. kalo كل u jamak,. كلا/كلي ،..كلتا/كلتي


Tanya 👉 Kapan digunakan كُلُّ dan أَجْمَعُ?
Jawab:
Tergantung keinginan si pembuat kalimat. yg pnting artinya dn kaidahnya benar.


Tanya👉 Blm faham mslh badal, kl dr audio dan contohnya agak faham, tp kl liat contoh d diktat jd kabur lg. Tlg jlskan ustadzah, contoh di hal 136 yg 'ilmunya zaid' dan 'mobilnya zaid' knp itu tdk berupa mudhaf mudhaf ilaih aja?
Jawab:
perhatikan lg definisi mudhof mudhof ilaihi itu apa? ➡ 2 isim yg melebur mnjd satu makna cnth قلم & احمد jd قلمُ احمدَ

kalo badal adalah ➡ isim yg ke dua (badal) adalah jenis / bagian dr isim pertama (mabdul),..atau isim ke dua itu adalah isim pertama itu sendiri hx di jelaskan dgn kata yg berbeda,,..cnth هؤلاء المسلمون تاجرون
هؤلاء ⬅ mereka, .mereka itu ya kaum muslimin
المسلمون ⬅ kaum muslimin,..kaum muslimin itu ya mereka
تاجرون ⬅ para pedagang


Tanya 👉  .... Kl yg ilmu zaid itu sebenernya kalimatnya
Zaid (fail) bermanfaat untukku, ilmunya .... Bgt ya? kl melihat dr i'rabnya.
Tinggal Zaid dan mobilnya,  ustadzah .... Tlg jelaskan. Kl ilmu nempel di zaid jd jelas badalnya. Kl mobil bgmn? Mksd ana apa bedanya kl kita blg :
Saya telah melihat mobilnya zaid (pake mudhaf mudhaf ilaih).
Jawab:
kalo ilmu nya zaid dn mobil x zaid itu bs djlskn dgn bntuk badal sprt di diktat,.yaitu dgn adanya dhomir yg kembali kpd zaid, .atau bs jg djlskn dgn bentuk mudhof mudhof ilaihi,..jd رايتُ سيارةَ زيدٍ  ➡  aq tlah melihat mobilx zaid


Tanya👉 Lafadz taukid masing2 utk diri dan seluruh,  mempunyai makna yg sama...  apa ada perbedaan khusus ga ustadzah saat kita ingin memilih menggunakan al ainu dibanding annafsu,  atau kullu dibanding ajmau
Jawab:
Tidak ada perbedaan khusus atau aturan khusus dalam hal ini, asal sesuai kaidah


Tanya 👉 Badal dan mabdul Minhu harus sesuai dari sisi jenis nya ya? Misal mufrod dgn mufrod   , jamak dgn jamak,..
JAWAB
iy harus sesuai,...tp kalau yg bentukx رايتُ زيدًا سيارته,..dsini سيارة nya bileh jamak,.hx sj dhomir yg bergandengan dgn سيارة harus sesuai dgn keadaan jenis dn jumlah mabdul x yaitu زيد jd kalimat x,,. رايتُ زيدًا سياراتَه


TANYA👉 Ana kurang faham ustadzah bhw zaid bisa dibadal sm mobil?
JAWABAN
iya bs, ,.,dgn syarat adadhomir yg kembali kpd zaid, ..سيارته


TANYA 👉
Berarti  سيارته di sini bisa jadi badal dan susunan MMI ya?  
JAWAB
na'am shohiih


TANYA👉 Posisi badal selalu setelah mabdul (Karena dicontoh kebanyakan badal setelah mabdul). Apa memang krn badal artinya pengganti jd selalu setelah mabdul (yg digantikan)?
Ga boleh terhalang ya ?
Misal:
Guru Ma'had yaitu Ahmad itu seorg yg pintar ( Ahmad itu :badal
guru : mabdul minhu nya).
Itu kan terhalang sama ma'had ustadzah
JAWABAN:
Iya, selalu.
Guru ma'had kan sdh mnjd satu kesatuan mba.


TANYA👉  Contoh2 kalimat badal agak mirip dgn mudhof mudhof ilaih, misalnya
رأيت زيدا سيارته
kalau mau dituliskan dlm mudhof:
رأيت سيارةَ زيدٍ

Jika dilihat dari 2 kalimat tersebut tampak memiliki makna yg sama. Apa yg membuat 2 kondisi kalimat tsb berbeda secara khusus,  misalnya kapan kita akan menggunakan dlm bentuk badal/mm ilaih?
Ataukah memang 2 cth tersebut hanya menunjukkan variasi pola kalimat dlm bhs arab sj?
JAWABAN:
Hal ini kembali kepada keinginan si pembuat kalimat. Iya, betul, bisa sebagai variasi kalimat.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Ustadzah= Roisah Muwazayanah
Musyrifah= Sisie Ummu Aisyah
Kelas ,1G



🔸Tanya 👉 Di audio di jelaskan ada 3 kata yg mengikuti اجمع yaitu اكتع ، أَبتع،  ابصع.
Apakah penggunaan salah satu dr ketiga kata itu bersama dg اجمع atau bgmn?

📙Jawab .👉 Iya, ketiga kata tsb digunakan setelah ajma'u, tdk bisa berdiri sndri. Contoh:
جَاءَ الْقَوْمُ أَجْمَعُوْنَ أَكْتَعُوْنَ




🔸Tanya 👉 Beda mudhaf-md ilaih dan badal-mabdul itu apa?
Misal kalimat :
بربِّ النَّاس
رَبَّ الألمين

📙Jawab👉 Itu dua2nya contoh mudhaf-mudhaf ilaih mba

Trs itu typo kyknya.. Hrsnya رب العالمين
Kalau pakai alif beda artinya




🔸 Tanya 👉 Usth... Itu adlah contoh di pljran badal... Shg sy jd bingung... Kirain itu adalah badal mabdul...

Bedanya mudhaf mudhaf ilaih dgn badal mabdul, dr segi i'rob
- mudhaf : tergantung kedudukannya dlm kalimat sbg apa, bisa mar'fu manshub atau majrur.
- mudhaf ilaih: majrur

-badal (pengganti): i'robnya mengikuti mabdul (yg diganti)nya, jika mabdulnya marfu' dia ikut marfu', jika mabdulnya manshub dia ikut manshub, jika mabdulnya majrur dia ikut majrur.
Contoh:
قام الطفلُ نَفْسُهُ
أكلتُ السمكَ عينَهُ
سلّمتُ على المسلمين كلِّهِمْ
Badal : nafsu, 'aina, kulli
Mabdul : ath thiflu, as samaka, al muslimiina

👉Tambahan=
Mabdul : i'robnya jg tergantung kedudukannya sbg apa, bisa marfu, manshub, atau majrur.



Tanya=  Itu bukan taukid?
Jawab= Contohnya in sya Allah udh faham kan? Bisa liat di diktat



Tanya= Afwan mau tanya ustadzah, kalo menentukan harokat huruf ha (ex: kullihi,'ainahu,'ainaha,nafsahu,nafsaha,kulluhum,etc.) itu berdasarkan apa ya?

JawAb= Jika huruf sblmnya berharakat dhamah atau fathah, maka ha'nya berharakat dhammah.
Jika huruf sblmnya berharkat kasrah, maka ha'nya berharakat kasrah.

Kecuali ha' yg utk dhamir hiya (ها), maka apapun harakat huruf sebelumnya, dia tdk berubah.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Ustadzah= Taqnain
Musyrifah= Farhana
Kelas 1H



🔹Tanya: 👉 Apakah badal itu terkait dg kepemilikan atau kata ganti -nya contoh hal 136; saudaranya, ilmunya, setengahnya, bapaknya

🔹 Ustadzah =
 Badalnya ya..
أخو حامد
علمه
نصفُ
سيارةَ
زيدٍ
عمرُ
َ
1. Badal kul min kul
مررتُ بأبيكَ زيدٍ
Aku berpapasan dengan bapakmu zaid

2. Badal ba'dh min kul
جاء القومُ نصفُهم
3. Badal isytimal
نَفَعَنِي زيدٌ علمُهُ
4. Badal (karena  salah)
أكلتُ خُبزًا..لحمًا
Maksud karna salah adalah=
Aku memakan roti..(eh bukan) daging (ding)..

⛔Badal adalah PENGGANTI⛔

🌸1. Badal kul min kul
Semua dari mabdul(kata sblm badal/yg diganti)
مررتُ بأبيكَ

🌸2. Badal ba'dh min kul
Sebagian dr mabdul
جاء القومُ نصفُهم
        Yaitu: setengah dari kaum

🌸3. Badal isytimal
Keterangan yg mencakup mabdul
نَفَعَنِي زيدٌ علمُهُ
        Zaid tlh memberi manfa'at kpd ku ilmunya
        Yaitu: ilmu

🌸4. Badal (krn salah)
أكلتُ خُبزًا..لحمًا
Pembenaran dr mabdul yg salah



🔹Tanya 👉 aku telah melihat mobilnya zaid, termasuk badal yg mana?  isytimal bkn?

🔹Ustadzah
=Cara menerjemahnya di buku tsb krg tepat ya ukh..
Mestinya: aku telah melihat zaid, (begitu juga) mobilnya


🔹Tanya 👉
Ukh Taqna'in, mau tanya kalo badal yg menjelaskan sebagian, misalnya nishfahum spt diktat hal 136, hum nya itu menunjuk ke mabdulnya kan ya? Kalo mabdulnya fail berarti dia menunjuk ke fail, kalo mabdulnya mafulbih dia nunjuk ke mafulbih, begitu bukan ukh?

🔹Ustadzah=
Iya, dhomir yg kembali kpd mabdul..
Krn si mabdul bermakna banyak, jadi pakainya dhomir هم, bukan هُ



🔹Tanya 👉
Afwan ukh, sy jd kepikiran penulisan badal...  
Kalo kita mau nulis kalimat, b Indonesia, Jokowi, sakit." Apakah Jokowi, hrs di-i'rab menjadi Jokowa (rasanya aneh...), atau ada cara penulisan lain? Karena ghairu munsharif kan gak boleh kasroh...

🔹Ustadzah= Mabni, setau ana..
Gemana pun tetep جوكووي

Kecuali kalau alam a'jam yg sesuai syarat ghoiru munshorif, sesuai i'rab ghoiru munshorif


🔹Tanya;👉 Keterangan penguat:
Apakah penggunaannya sbb?

Mufrad, rofa,mudzakkar: nafsuhu, ainuhu, kulluhu, ajma'u

Mufrod, rofa, muannats: nafsuha, ainuha, kulluha, ajma'u

Jamak, rofa, mudzakkar: nafsuhum, ainuhum, kulluhum, ajma'iina

Nashob, mufrod, mudzakkar:
Nafsahu, ainahu, kullahu, ajma'u?

Majrur, mufrod, mudzakkar:
Nafsihu, ainihu, kullihu, ajmi'u?

🔹 Ustadzah;
Iya betul, kcl..
Majrur mufrod mudzakar
Nafsihi, ainihi, kullihi, jam'ihi/ajma'ihi

🔹👉
Untuk taukid
Apakah semua kata benda termasuk muannats?
....Maksudnya apakah yg ghairi aqil bila jamak maka penguatnya muannats

🔹Ustadzah=
Sesuai kaedah asal, keadaan bila jama' ghoiru aqil..


🔹Tanya:👉 taukid majrur
Majrur mufrod mudzakar
Nafsihi, ainihi, kullihi, jam'ihi/ajma'ihi. Bgm dg mutsanna dan jamak?
Apakah mjd sbb, 👉 Nafsiha, ainiha, kulliha, ajmaiha? Nafsihim, ainihim, kullihim, ajmaiina? Bagaimana?

🔹Jawab= Sebenernya ikut dhomir yg mau dikuatkan saja.
Pengganti dari
هو هي هما هم هن



2 comments:

  1. بالقوم اجمعين lafadz ajma'in makrifat nya dengan apa

    ReplyDelete
  2. Pertanyaan seputar bab mahfudhotil asma'donh

    ReplyDelete

Share