Ustadzah = Muthmainnah Jawwas, Lc
Musyrifah = Indriya Ummu Yusuf
Kelas = 1A
Korlas = Susi Ummu Rino
Tanya= Fi'il wajib mufrod... kalau huwa أحَبَّ... kalau hiyaa أحَبّتْ... kalau anaa أحَبَبْتُ.... Apa bisa juga utk anta dan anti... yg juga mufrod... menjadi أحَبَبْتَ dan آحَبَبْتِ
Jawab = Bisa.
Tanya = Bagaimana kaidah cara membaca ال jika ditengah? Apakah disambung dengan kata sebelumnya dan ا nya tidak dibaca...atau Tidak disambung?
Jawab =
Naam sebaiknya disambung dengan kt sebelumnya, karena ini yg sesuai dgn kaidah..
Tanya = Selama ini yg telah kita pelajari dari JAMA' MUANNATS SALIM adalah
Mufrod : muslimatun / muslimatin / muslimatan
Mutsanna : muslimataani / muslimataini
jama' : muslimaatun (satu jenis saja)
kalau posisi kata itu sebagai nashab maka jd muslimaati... kan...
pertanyaan...: itu terjadi di HANYA MAF'UL BIH yg nashab (saja) atau ada pengecualian2 yg lain... Terimakasih..
Jawab =
Mufrod : muslimatun / muslimatin / muslimatan
Mutsanna : muslimataani / muslimataini
jama' : muslimaatun (satu jenis saja)
kalau posisi kata itu sebagai nashab maka jd muslimaati... kan...
pertanyaan...: itu terjadi di HANYA MAF'UL BIH yg nashab (saja) atau ada pengecualian2 yg lain... Terimakasih..
Jawab =
Tidak hanya di maf'ul bih. Ada keadaan2 lain yg membuat dia menjadi nashab..
Tanya = Jama' muannast salim ketika nashab berharokat kasroh... ini pd maf'ul bih... apa ada pada yg lain... sbb ini khusus....Contoh nya apa ustadzah.... Berarti jama' muannast salim itu ada 2 jenis juga kan... Muslimaatun,muslimaatin...kan...? Muslimaatan ada nggak....?
Jawab :
Jawab :
Ada pd yg lain.. Yg nanti in sya Allah akan ad pembahasannya :) Tidak ada muslimaatan, hanya ada muslimaatin .
Ustadzah= Muthmainnah Jawwas, Lc
Kelas= 1B
Tanya==> ustadzah, dlm menentukan maf'ul bih itu mudzakkar atau muannats, apakah ini terkait dg isim lighairil 'aqil dan lil ' aqil? syukron
Jawab==> Afwan ana kurang faham pertanyaannya.
Tentunya ,terkait, yg mau qt jadikan maful apakah berakal atau tdk..
Tanya= Ustadzah jika fail dlm bentuk mutsanna apakahh km marfu?
Jawab= Dalam ¡lmu nahwu apapun, fail fasti marfu
Tanya= contohnya mufrod السيارة, tatsniyahnya تلسّيّارتينِ, trus jamak taksirnya ada di lighairul 'aqil muannats atau mudzakkar? afwan ya ustadzah, ana bingung dg jamak taksir
Jawab= Oh kalo benda mati pasti lighair aqil, yg dihukumi spt muannats tunggal.
Tanya= Ustadzah, mau tanya, kalau utk wajibat bagian 2 no 4. Itu kita asumsikan هي atau انتَ utk kataتُعَلِّمُ nya????
Jawab= Nah bisa dua kemungkinan. Dipilih aja, kalo hiya, berarti harus disebutkan failnya.
Tanya= Cari kata2 harus kamus indonesia arab ya? Kalo punya arab indonesia biar cepat cari kata tuk bikin kalimat gmn ya? (gak punya kosa kata arab yg ana hafal nih)
Jawab= Iya.. Untuk pemula punya kamus indonesia arab dulu aja..
Tanya= Ustdzah ana blm punya susah juga ya? Hik hik
Jawab= Nah, itu dia.. Sebagai pembelajar bahasa arab, Usahakan punya kamus ya :)
Kelas= 1C
Ustadzah =Muthmainnah Jawwas, Lc
Musyrifah = Ummu Ammar
Tanya: untuk menentukan suatu fi'il perlu objek atau tidak, kita kira2 sendiri atau sesuai kamus?
Jawab:
Bisa kita kira2, spt fiil2 yg sudah ma'ruf sering digunakan. Tp jika ada yg masih ragu, lihat kamus..
Tanya: dikamus ada tandanya ya fiil lazim atau mut'addy
Jawab=
Tanya: dikamus ada tandanya ya fiil lazim atau mut'addy
Jawab=
Jika setelah fiil ada disandarkan ke dhamir hu, maka dia mutaaddy.
Jika tidak, misalnya pake huruf jar, maka dia lazim
fi'il
Tanya: kal isim itu bentuknya isim fail atau isim maf'ul (seperti yg kita pelajari di BISA) apakah bisa dipastikan jamaknya jamak mudz/muannas salim bukan jamak taksir?
Jawab :
Jika tidak, misalnya pake huruf jar, maka dia lazim
fi'il
Tanya: kal isim itu bentuknya isim fail atau isim maf'ul (seperti yg kita pelajari di BISA) apakah bisa dipastikan jamaknya jamak mudz/muannas salim bukan jamak taksir?
Jawab :
Iya. Tp ada juga yg memiliki 2 jamak. Dia memiliki jamak taksir juga, misal dlm diktat thaalibun, bisa jadi thaalibuuna dan thullaabun
Dalam pembuatan kalimat, yg harus diperhatikan:
Dalam pembuatan kalimat, yg harus diperhatikan:
1. Kaidah fira fara manis.
2. Untuk fail yg mu'rab dengan huruf,
- jangan lupa selama dia bukan nama orang atau kota, perhatikan kaidah marifah dan nakirah.
- selama dia bukan isim ghairu munsharif (atau pengecualian lain yg nanti akan dipelajari), Jika dia tidak ber alif lam, maka diberi tanwin di akhir, begitu juga sebaliknya.
- Jgn sampai hanya khoroja thalibu (tanpa al dan tanwin) atau khoroja aththaalibun (dengan al dan tanwin). Ini salah.
- jangan lupa selama dia bukan nama orang atau kota, perhatikan kaidah marifah dan nakirah.
- selama dia bukan isim ghairu munsharif (atau pengecualian lain yg nanti akan dipelajari), Jika dia tidak ber alif lam, maka diberi tanwin di akhir, begitu juga sebaliknya.
- Jgn sampai hanya khoroja thalibu (tanpa al dan tanwin) atau khoroja aththaalibun (dengan al dan tanwin). Ini salah.
3. Jangan lupa kaidah jamak taksir lighairil aqil dihukumi sbg muannats tunggal. Jadi perhatikan fiil spt apa yg digunakan.
Tanya= kalau yg kita hafalkan pd wazan fiil nahyi dr kata ta'aawana itu kan laa tata'aawana. Mengapa dlm kalimat kita ga jumpai wazan itu.mis wa laa ta'aawanuu alal itsmi wal 'udwaan?
Jawab:
Tanya= kalau yg kita hafalkan pd wazan fiil nahyi dr kata ta'aawana itu kan laa tata'aawana. Mengapa dlm kalimat kita ga jumpai wazan itu.mis wa laa ta'aawanuu alal itsmi wal 'udwaan?
Jawab:
Iya, dlm bahasa arab utk wazan yg seperti itu (تفاعل، تفعّل), dalam wazan mudhari dan nahyinya, karena bertemu dua ta, boleh dihilangkan satu ta nya. Untuk meringankan.
Tanya: sa yadzdzakkar man yakhsya...fiilnya itu ikut wazan apa?
Jawab=:
Tanya: sa yadzdzakkar man yakhsya...fiilnya itu ikut wazan apa?
Jawab=:
Untuk yadzdzakkaru ana juga masih mencari2, belum nemu penjelasan yg pasnya. Pe-er nih buat ana
Tanya: Kalbun / anjing dibuku kok ada 2 bntuk fiilnya. Ada yg muannats, ada yg mudzakkar..
Jawab:
Tanya: Kalbun / anjing dibuku kok ada 2 bntuk fiilnya. Ada yg muannats, ada yg mudzakkar..
Jawab:
Itu ketika mufrad ukh ririe.. Dia mudzakkar, karena tdk ada ta marbuthah atau ciri muannats lainnya.
Adapun ketika dia jamak, yg jamaknya itu jamak taksir, maka kembali ke kaidah jamak taksir lighairil aqil dihukumi sprti muannats tunggal
Adapun ketika dia jamak, yg jamaknya itu jamak taksir, maka kembali ke kaidah jamak taksir lighairil aqil dihukumi sprti muannats tunggal
Tanya: kalo utk pengecualian bentuk mufrad yg muannats/mudzakkar lihat dimana?
Seperti عين، الارض، السمش itu kan muannats. Tapi di kamus munawwir tdk ada keterangan muannat
Jawab:
Seperti عين، الارض، السمش itu kan muannats. Tapi di kamus munawwir tdk ada keterangan muannat
Jawab:
Utk yg berpasang2an dia muannats, misal mata, telinga dll. Utk selain itu memang tdk ada di kamus, jd kita ketahui dr membaca buku2, percakapan mereka atau dr al Qur an. Karena memang tdk ada penentuan khususnya.
Tanya: bukankah maf"ul bih tak terkait dg fi'il dan fa'il ?
Jawab:
Tanya: bukankah maf"ul bih tak terkait dg fi'il dan fa'il ?
Jawab:
Naam, kan sudah dijelaskan di tugasnya ukh :)
Memang tdk berkaitan, tp kami minta yg fail dan maful bih sama2 spt itu..
Tanya: kalau failnya dhomir هم atau هن apakah fi'ilnya seperti pada tasrifnya?
Jawab:
Memang tdk berkaitan, tp kami minta yg fail dan maful bih sama2 spt itu..
Tanya: kalau failnya dhomir هم atau هن apakah fi'ilnya seperti pada tasrifnya?
Jawab:
Jika kalimatnya jumlah fi'liyyah dan sebelumnya tdk ada penjelasan apa2 ttg failnya, maka tetap menggunakan kaidah fira (fiil harus mufrad), dan disebutkan failnya.
Tanya: Sy heran, kita dsuruh hafalin kaidah fira dan fara manis mana.. Tapi pe-er kok menggunakan fa'il yg tersembunyi atau tdk tampak.. Mohon pnjelasan ustadzah.. Bukankah ini tdk sesuai yg kita pelajari dan jadi membingungkan rumus yg sdh dihafal...
Jawab:
Tanya: Sy heran, kita dsuruh hafalin kaidah fira dan fara manis mana.. Tapi pe-er kok menggunakan fa'il yg tersembunyi atau tdk tampak.. Mohon pnjelasan ustadzah.. Bukankah ini tdk sesuai yg kita pelajari dan jadi membingungkan rumus yg sdh dihafal...
Jawab:
Nah justru itu yg harus diperbaiki.. Mana failnya?
Tanya: Afwan ustadzah mhon penjelasan maksudny...Kl failnya berupa isim dhomir..tp susunan sdh benar apakah hrs dirubah failnya?
Jawab :
Tanya: Afwan ustadzah mhon penjelasan maksudny...Kl failnya berupa isim dhomir..tp susunan sdh benar apakah hrs dirubah failnya?
Jawab :
Untuk dhamir ghaib disebutkan failnya, jika belum ada penjelasan sebelumnya. Agar kalimat menjadi jelas. Adapun dhamir mukhatab, maka tidak perlu, dhamir itu sudah sebagai failnya.
Tanya: umm kalau maf'ul bih apakah harus ma'rifat?
Jawab :
Tanya: umm kalau maf'ul bih apakah harus ma'rifat?
Jawab :
Maf'ul bih hanya wajib nashab (boleh ma'rifat /nakiroh)
Tanya: Ustadzah mo nanya... kl fiil lazim itu tdk butuh obyek mhon dijelaskan kalimat ini...
لا تدخل الملئكة بيتا فيه كلب ولا صورة
apa kedudukan baitan?
Jawab :
Tanya: Ustadzah mo nanya... kl fiil lazim itu tdk butuh obyek mhon dijelaskan kalimat ini...
لا تدخل الملئكة بيتا فيه كلب ولا صورة
apa kedudukan baitan?
Jawab :
Sebagai maful bih.. Jadi dakhola bisa juga dijadikan sbg fiil mutaaddy..
Tanya: dakhola yg fiil lazim kalau dlm kalimat contohnya apa ustadzah ?
Jawab :
Tanya: dakhola yg fiil lazim kalau dlm kalimat contohnya apa ustadzah ?
Jawab :
Jika menggunakan huruf jar.. Misal
دخل علي إلى بيته
Cuma yg lebih sering dia sbg mutaaddy, cth2 dlm ayat2 al quran rata2 ber maful bih untk dakhola
دخل علي إلى بيته
Cuma yg lebih sering dia sbg mutaaddy, cth2 dlm ayat2 al quran rata2 ber maful bih untk dakhola
Ustadzah : Rohimah Tartilla,Lc
Musyrifah : Manda Ummu Salman
Kelas : 1D
Korlas :
Tanya: Apakah maf'ul bih wajib ma'rifat?
Jawab:
Maful bih tdk wajib Ma'rifah boleh nakiroh
Tanya: Bgimn keadaan Nashab nya Isim Maqsur dlm keadaan mufrod, tastniyah dan jamak
Jawab:
Isim maqsur adlh isim mabni,..nashobx dgn fathah muqoddaroh ( Yg ditakdirkan/dikira2kn),..dn harokat akhir isim tsb tdk brbh keadaanx
Jawab:
Maful bih tdk wajib Ma'rifah boleh nakiroh
Tanya: Bgimn keadaan Nashab nya Isim Maqsur dlm keadaan mufrod, tastniyah dan jamak
Jawab:
Isim maqsur adlh isim mabni,..nashobx dgn fathah muqoddaroh ( Yg ditakdirkan/dikira2kn),..dn harokat akhir isim tsb tdk brbh keadaanx
Tanya : Afwan, Wajib ma'rifat maksudnya apa, ustadzah?
Jawab:
Ma'rifat adlh pljrn pekan 1 Yg tlh qt pljri ad 5 mcm,,,silahkan dbka lg diktat/audiox
Tanya : Yg al fuqoro'u tuh bukan diakhiri dg alif ta'nits ya? Sy pikir iya.. jd sy kira muannats،...
Jawab:
Jawab:
Ma'rifat adlh pljrn pekan 1 Yg tlh qt pljri ad 5 mcm,,,silahkan dbka lg diktat/audiox
Tanya : Yg al fuqoro'u tuh bukan diakhiri dg alif ta'nits ya? Sy pikir iya.. jd sy kira muannats،...
Jawab:
Bukan mb,,,,فقراء adlh jama' taksir ikut wazan فعلاء،....kalau Alif ta'nis mamdudh itu ا & ء nya tambahn,,,mis,. Kata احمر muannats x Jd حمراء
Tanya:. Afwan ustadzah berarti beda ya Isim Maqsur dengan Isim Yg di akhirnya ada alif ta'nits maqsuroh itu ? Sama saja
Jawab :
Tanya:. Afwan ustadzah berarti beda ya Isim Maqsur dengan Isim Yg di akhirnya ada alif ta'nits maqsuroh itu ? Sama saja
Jawab :
Isim maqsur adlh isim Yg diakhiri dgn huruf Alif (ا/ى) Yg huruf sblmx brharokat fathah cnth الهدى،.العصا
Ustadzah = Abqhoria Muntadhiro
Musyrifah = Hilyatul Fitriyah
Kelas = 1E
Korlas=
Tanya: Kosa kata bahasa Arab yang saya kuasai sangat sedikit, sehingga sering melihat kamus. Sayangnya di kamus tidak ada tandanya jika kata tersebut isim tatsniyah, jamak taksir atau jamak salim, muannats atau mudzakkar. Hanya disebutkan jamak saja (ج). Mohon petunjuknya.
Jawab:
Bisa dilihat dr bentukx, kalau diakhiri ات maka itu jama' muannats salim. Kalau diakhiri ون maka itu jama' mudzakkar salim. Selainnya, maka itu jama' taksir.
Tanya: kalo untuk menentukan suatu fail itu mudzakkar ato mu'annats bgmn ya?
Maksudnya selain nama2, tp kita tau itu termasuk yg dianggap jenis laki2 ato prmpuan oleh orang arab..
Jawab:
Maksudnya selain nama2, tp kita tau itu termasuk yg dianggap jenis laki2 ato prmpuan oleh orang arab..
Jawab:
Dengan banyak membaca dan mendengarkan bahasa Arab. Karena tidak ada kaidah yang pasti berkaitan dengan hal ini.
Tanya: Beberapa isim apakah benar selain mempunyai jamak salim juga mempunyai bentuk jamak taksir. Mengapa demikian ? Dipakai dimana?
Jawab:
Karena memang demikianlah yang digunakan oleh Bangsa Arab, ini juga menunjukkan akan kekayaan kosa kata bahasa Arab, sependek pengetahuan ana, jika suatu kata memiliki 2 bentuk jama' (salim/taksir) maka boleh dipakai salah satunya, contoh kuffar & kafirun, bentuk jama' dari kaafir.
Karena memang demikianlah yang digunakan oleh Bangsa Arab, ini juga menunjukkan akan kekayaan kosa kata bahasa Arab, sependek pengetahuan ana, jika suatu kata memiliki 2 bentuk jama' (salim/taksir) maka boleh dipakai salah satunya, contoh kuffar & kafirun, bentuk jama' dari kaafir.
Tanya : pd tugas no 2 dan 3 fai'l dan maf'ul tdk harus sama tp kami maunya yg sama maksdnya gmn ya saya blm faham...
Jawab:
Jawab:
Pada asalnya fa'il dan fi'il tidak harus sama, tetapi dalam tugas ini harus disamakan.
Tanya: Tentang menentukan suatu isim muannats/ mudzakkar saya jg masi bingung (=pertanyaan )
Mis, termasuk muannats jika nama benda berakhiran ta marbutoh. Tapi, listrik (kahrobaa'un) termasuk muannats?
Mis, termasuk muannats jika benda2 langit. Tapi, mengapa bulan purnama (badrun) termasuk mudzakkar?
(Ilmu nahwu, hal 54)
Mis, termasuk muannats jika nama benda berakhiran ta marbutoh. Tapi, listrik (kahrobaa'un) termasuk muannats?
Mis, termasuk muannats jika benda2 langit. Tapi, mengapa bulan purnama (badrun) termasuk mudzakkar?
(Ilmu nahwu, hal 54)
Tanya: Apakah memang ada pengecualian untuk kata2 tertentu?
Mohon penjelasan, ustadzah..
Jawab:
Mohon penjelasan, ustadzah..
Jawab:
Sekali lagi, tidak ada kaidah khusus dalam pembahasan ini. Mengapa suatu kata dianggap muannats/ dianggap mudzakkar itu tidak ada alasan tertentu, melainkan memang begitulah Kaum Arab menggunakannya.
Wallahu a'lam.
Wallahu a'lam.
Ustadzah= Abqoria Muntadhiro
Musyrifah= Alenaa
Kelas = 1F
Korlas =
Tanya: Di diktat hal.77 tabel Kaidah nashab
Untuk yg mufrad kan i'rabx dg harakat fathah tp ktk lihat contoh kok jg ada tmbhn huruf ا jg?
Contohnya طَالِبًا kenapa g طَالبً ?
2. dan jamak taksirnya jg demikian
contohnya طُلاَّبًا kenapa ga طُلاَّبً ???
Jawab
1. Memang harus begitu kalau fathatain, harus diberi alif.
Kecuali bila didepannya dilekati ال maka harakat belakang tidak boleh fathatain. Harus الطالبَ
1. Memang harus begitu kalau fathatain, harus diberi alif.
Kecuali bila didepannya dilekati ال maka harakat belakang tidak boleh fathatain. Harus الطالبَ
2. Itu memang sudah kaidah dalam penulisan B.Arab. Jika sebuah isim berharakat fathatain, maka harus ditambah alif, kecuali jika diakhir hurufnya, hamzah dan ta' marbuthoh
Wallahu a'lam
Wallahu a'lam
Ustadzah : Roisah Muzayyanah
Musyrifah : Sisie Ummu 'Aisyah
Kelas : 1G
Korlas : Anna Ummu Fatim
Tanya : Dalam al qur'an surat hud: 61 ada صٰلِحًا,
Kenapa dia bertanwin. Itu kan 4 huruf. Apa ini masuk nama non arab.
Jawab :
"Shalih" adalah nama arab, maka termasuk munsharif.
Tanya : Bagaimana membedakan nama asli arab dan nama non arab.(dr ukhti atik)
Jawab:
Tanya : Bagaimana membedakan nama asli arab dan nama non arab.(dr ukhti atik)
Jawab:
Diantaranya cirinya, nama arab banyak yg berasal dr fi'il. Dgn kata lain, ia berasal dr bahasa arab itu sendiri. Spt مَحْمُوْدٌ atau حَامِدٌ yg berasal dr fiil حَمِدَ , dan صَالِحٌ yg berasal dr fiil صَلَحَ.
Atau mgkn dgn banyak membaca buku2 arab atau sejarah islam, jd kita bisa mengetahui nama orang arab itu apa saja.
Tanya : Untuk jumlah fi'liyah lazimah,, apa boleh fa'ilnya nakiroh?(ukhti niha)
Jawab :Boleh.
Atau mgkn dgn banyak membaca buku2 arab atau sejarah islam, jd kita bisa mengetahui nama orang arab itu apa saja.
Tanya : Untuk jumlah fi'liyah lazimah,, apa boleh fa'ilnya nakiroh?(ukhti niha)
Jawab :Boleh.
PERHATIAN:
Banyak yg salah faham di masalah ini.
Dalam susunan jumlah fi'liyyah, apabila FA'IL nya:
🔹ISIM MUFRAD, baik 'aqil (orang) maupun GHAIRU 'AQIL (hewan atau kata benda)
➡ maka fiilnya tetap DISESUAIKAN jenisnya, bila fail mudzakkar fiil jg mudzakkar, bila fail muannats fiil jg muannats. Contoh:
وسع البستان
ضاعت السيارة
🔹JAMA' TAKSIR LIL 'AQIL
➡ fiilnya jg DISESUAIKAN jenisnya dgn failnya. Bila fail mudzakkar fiil jg mudzakkar, bila fa'ilnya muannats fiilnya juga muannats. Contoh:
ذهب تجّارٌ
صام الفقراءُ
صَلّتْ النساءُ
رجعت إماءٌ
🔹JAMA' TAKSIR LI GHAIRIL 'AQIL
➡ baik mudzakkar maupun muannats, keduanya dihukumi MUANNATS. Jd fiilnya WAJIB muannats. Contoh:
جاءتْ الكلابُ
نبتتْ الأشجارُ
Dalam susunan jumlah fi'liyyah, apabila FA'IL nya:
🔹ISIM MUFRAD, baik 'aqil (orang) maupun GHAIRU 'AQIL (hewan atau kata benda)
➡ maka fiilnya tetap DISESUAIKAN jenisnya, bila fail mudzakkar fiil jg mudzakkar, bila fail muannats fiil jg muannats. Contoh:
وسع البستان
ضاعت السيارة
🔹JAMA' TAKSIR LIL 'AQIL
➡ fiilnya jg DISESUAIKAN jenisnya dgn failnya. Bila fail mudzakkar fiil jg mudzakkar, bila fa'ilnya muannats fiilnya juga muannats. Contoh:
ذهب تجّارٌ
صام الفقراءُ
صَلّتْ النساءُ
رجعت إماءٌ
🔹JAMA' TAKSIR LI GHAIRIL 'AQIL
➡ baik mudzakkar maupun muannats, keduanya dihukumi MUANNATS. Jd fiilnya WAJIB muannats. Contoh:
جاءتْ الكلابُ
نبتتْ الأشجارُ
Tanya: Hal 83, kolom Muannats, baris 2.... Ada kesalahan cetak jg?
Jawab: Iya, seharusnya فَطَّرَتْ
Tanya: . تَعَلَّمُ dan تُعَلِّمُ . Apa bedanya?
Jawab:
Mungkin maksudnya تَعَلَّمَ dan تُعَلِّمُ ؟
👉 ta'allama (تَعَلَّمَ ) adalah fiil madhi yang artinya "dia laki2 telah belajar". Mudhari'nya: يَتَعَلَّمُ
👉 tu'allimu (تُعَلِّمُ) adalah fiil mudhari untuk dhamir هي atau أنتَ. Fiil madhinya: عَلَّمَ
Jadi --> عَلَّمَ - يُعَلِّمُ tinggal ditashrif.
👉 عَلَّمَ - يُعَلِّمُ artinya: mengajar
Tu'allimu artinya "dia perempuan/ kamu laki2 sedang mengajar
👉 ta'allama (تَعَلَّمَ ) adalah fiil madhi yang artinya "dia laki2 telah belajar". Mudhari'nya: يَتَعَلَّمُ
👉 tu'allimu (تُعَلِّمُ) adalah fiil mudhari untuk dhamir هي atau أنتَ. Fiil madhinya: عَلَّمَ
Jadi --> عَلَّمَ - يُعَلِّمُ tinggal ditashrif.
👉 عَلَّمَ - يُعَلِّمُ artinya: mengajar
Tu'allimu artinya "dia perempuan/ kamu laki2 sedang mengajar
Tanya: . Apakah jamak taksir dr اُسْتَاذٌ؟
(Maksudnya, guru laki2 banyak.... ada ta' marbuthohnya atau tidak)...
Jawab:
(Maksudnya, guru laki2 banyak.... ada ta' marbuthohnya atau tidak)...
Jawab:
Bentuk jamaknya ada 2, boleh أَسَاتِذَةٌ boleh jg dengan shigat muntahal jumu' أسَاتِيْذُ
Tanya: Menegaskan kembali...
Jd tu'allimu bisa dipakai utk 2 dhomir?
Hiya dan anta??
Jawab:
Iya mba, coba ditashrif .
Yang ikut program BINA sblmnya ikut program BISA dulu kan ya?
Yang ikut program BINA sblmnya ikut program BISA dulu kan ya?
Tanya: Usth....Jadi, jamak أستاذ Ada 2....
Yg shighat muntahal jamak termasuk Isim Ghoiru Munshorif ... Yg lain tidak ya...
Jawab : Na'am mba.. shahih
Yg shighat muntahal jamak termasuk Isim Ghoiru Munshorif ... Yg lain tidak ya...
Jawab : Na'am mba.. shahih
Tanya : Boleh pilih atau ada ketentuan, kapan pake shighat muntahal jamak, kapan tidak...
Jawab :
Jawab :
Gak ada ketentuannya.. pake yg mana aja boleh
Tanya : 'afwan albustaanu itu bukan muannats ya dgn ciri ada alif ta'nits nya? Cara taunya dia alif ta'nits ato bukan darimana?
Jawab:
Jawab:
Alif ta'nits ada 2: maqshurah & mamdudah.
• alif ta'nits maqshurah --> alif ta'nits yg terdapat dlm isim yg mengikuti wazan فعلى
Contoh : جَوْعَى ، حُسْنَى ، ذِكْرَى
• alif ta'nits maqshurah --> alif ta'nits yg terdapat dlm isim yg mengikuti wazan فعلى
Contoh : جَوْعَى ، حُسْنَى ، ذِكْرَى
• alif ta'nits mamdudah --> alif ta'nits yg terdapat dlm isim yg mengikuti wazan فَعْلَاءُ
Contoh : بَيْضَاءُ ، صَفْرَاءُ , حَسْنَاءُ
Jadi huruf alif pada kata "al-bustaanu" bukanlah alif ta'nits.
Contoh : بَيْضَاءُ ، صَفْرَاءُ , حَسْنَاءُ
Jadi huruf alif pada kata "al-bustaanu" bukanlah alif ta'nits.
Tanya : Mhn penjelasan ttg fiil di No 2 n 4....
Jawab:
No 2 Qaatil 👉 adalah fi'il amr (kata kerja perintah), artinya: "bunuhlah olehmu wahai 1 org laki2". Di dalamnya terkandung dhamir anta.
Sebagaimana yg dijelaskan ukh Sisie, fi'il dengan dhamir mukhathab (kata ganti orang ke-2) tidak apa2 bila tidak disebutkan fa'il nya secara dzahir.
Lanjutan penjelasan yg no 2:
👉 karena "qaatil" adalah fi'il+fa'il, maka yg belum ada adalah MAF'UL BIH nya (fi'il qaatala adlh fi'il muta'addi, butuh kpd objek). Sehingga al-qaatil di situ adalah maf'ul bih, bukan fa'il.
Dan maf'ul bih harus nashab.
Jadi yg betul : القاتلَ
Jawab:
No 2 Qaatil 👉 adalah fi'il amr (kata kerja perintah), artinya: "bunuhlah olehmu wahai 1 org laki2". Di dalamnya terkandung dhamir anta.
Sebagaimana yg dijelaskan ukh Sisie, fi'il dengan dhamir mukhathab (kata ganti orang ke-2) tidak apa2 bila tidak disebutkan fa'il nya secara dzahir.
Lanjutan penjelasan yg no 2:
👉 karena "qaatil" adalah fi'il+fa'il, maka yg belum ada adalah MAF'UL BIH nya (fi'il qaatala adlh fi'il muta'addi, butuh kpd objek). Sehingga al-qaatil di situ adalah maf'ul bih, bukan fa'il.
Dan maf'ul bih harus nashab.
Jadi yg betul : القاتلَ
Tanya: Bukankah kata قَتَلَ (membunuh)
Termasuk wazan فَعَلَ -يَفْعُلُ ....Dg fiil amr : اُفْعُلْ
Sehingga fiil amr dr قَتَلَ adl اُقْتُلْ... Mhn penjelasan ya Usth...
Jawab:
Termasuk wazan فَعَلَ -يَفْعُلُ ....Dg fiil amr : اُفْعُلْ
Sehingga fiil amr dr قَتَلَ adl اُقْتُلْ... Mhn penjelasan ya Usth...
Jawab:
Yg disoal berasal dari
قاتل يقاتل
قاتل يقاتل
Kalau قتل bermakna membunuh
Maka قاتل bermakna saling membunuh
Betul, قاتل artinya saling membunuh atau bisa jg memerangi
Maka قاتل bermakna saling membunuh
Betul, قاتل artinya saling membunuh atau bisa jg memerangi
Ustadzah : Taqna'in
Musyrifah : Farhana
Kelas : 1H
Korlas :
Tanya : Utk maf'ul bih apakah selalu ma'rifah atau bs nakirah tergantung pembicaraan? Atau nakirah tdk lazim sbg obyek pembicaraan?
Jawab;
Iya bisa dua2nya, pastinya krn ada makna trtentu. Tapi utk fa'il bagus ma'rifah
Tanya: Utk jamak taksir, adakah aturan khusus unt membuatnya atau adakah patokan kata tertentu 'ini' bila dalam bentuk jamak, jamaknya jamak taksir?
Jawab;
Jama' taksir tdk ada kaedah khusus, adanya cuma sima'i..
Kebiasaan pengucapan org arab, hanya bisa dihafal
Jawab;
Iya bisa dua2nya, pastinya krn ada makna trtentu. Tapi utk fa'il bagus ma'rifah
Tanya: Utk jamak taksir, adakah aturan khusus unt membuatnya atau adakah patokan kata tertentu 'ini' bila dalam bentuk jamak, jamaknya jamak taksir?
Jawab;
Jama' taksir tdk ada kaedah khusus, adanya cuma sima'i..
Kebiasaan pengucapan org arab, hanya bisa dihafal
Tanya: Apakah thooliban memiliki jamak salim sekaligus jamak taksir seperti di buku hal 77?
Jawab;
Iya, sering dipakainya taksir
طالب-طلاب
Utk طالبون hanya utk cth belajar saja
Aqil: berakal, jenis2 manusia: anak2, perempuan, laki2, guru, murid
بنت، ولد، شباب، تلاميذ، أساتيذ
Ghoiru aqil: ga berakal. Selain manusia: buku, bolpoin
كتب، أقلام،
Tanya: Bagaimana kalau fa'ilnya bentuk mutsana dan objek nya bentuk jamak taksir misal dua orang wanita membawa banyak kucing
حملتْ المرأتاَن القِطَطَ
المراتان ini apakah arti nya bisa pria bisa wanita...?
Jawab: امرأن-مرأ
Tanya: Apakah maf'ul bih bs didahului dg jar? Misal ayah pergi ke Jakarta, ibu menanam di kebun, kakek pergi dg anak kecil?
Jawab;
Didahului huruf jar itu pertanda fi'ilnya lazimah (cukup hanya dg fi'il dan fai'il. Dan tdk butuh obyek)
Kalau fi'ilnya lazim pengen ditambahi pelengkap bisa, caranya dg tambah huruf jar..
Nah, huruf jar apa saja yg cocok dg fi'il tsb??
Itu dg cara dihafal,
Misalnya ذهب cocoknya dg إلى
Tanya: Kenapa القطط , bukankah ini mufrod?
Jawab: قِطٌّ
ج: قطط
Tanya: Bagaimana cara mencari arti kata di kamus utk isim?
Jawab;
Kalau dikamus arab-indo. Cara mencarinya dg fi'il.
Misal ingin tau artinya كتاب
Maka mencarinya harus melalui fi'il/ harus tau dia dr fi'il apa
ك ت ب
Nah, nanti dibawahnya banyak isim yg berkaitan dg كتب
Tanya: Bagaimana cara menentukan suatu kata ghairi aqil itu termasuk mudzakkar atau muannats? Apakah dg melihat ta' marbutoh atau dihapal?
Jawab;
Dilihat dr maknanya, dy berakal atau tidak.
Ketika sdh jelas berakal tdk nya,
Barulah ketika mufrod dy muanats atau mudzakar.
Nah, apabila terkumpul dy tdk berakal dan ketika mufrod dy sbg mudzakar. Maka ktk jama' taksir dy sbg muanats. Krn tdk berakalnya itu
قلمٌ
mufrod mudzakar
أقلامٌ
Jama taksir muanats, krn tdk berakal
Tanya: Apakah obyek juga bisa terhadap diri sendiri. Misal saya telah memotong kuku. Apakah kuku juga disebut obyek dlm kalimat ini.
Atau seorang anak laki-laki sedang melepas sepatunya
Jawab;
Ini perlu perhatian ktk sbg b.arab.
Krn ktk dlm b.indo dy spt butuh obyek, tp ktk b.arab sbnernya sdh cukup sbg swt kalimat
ذهب أحمد
Dlm b.arab sdh cukup, org g perlu kepo pergi kemananya
Tp dlm b.indo kalimat tsb spt masih kurang makna.
Jadi terus belajar, untuk mngetahui mana muta'addy dan lazimah
Jawab;
Didahului huruf jar itu pertanda fi'ilnya lazimah (cukup hanya dg fi'il dan fai'il. Dan tdk butuh obyek)
Kalau fi'ilnya lazim pengen ditambahi pelengkap bisa, caranya dg tambah huruf jar..
Nah, huruf jar apa saja yg cocok dg fi'il tsb??
Itu dg cara dihafal,
Misalnya ذهب cocoknya dg إلى
Tanya: Kenapa القطط , bukankah ini mufrod?
Jawab: قِطٌّ
ج: قطط
Tanya: Bagaimana cara mencari arti kata di kamus utk isim?
Jawab;
Kalau dikamus arab-indo. Cara mencarinya dg fi'il.
Misal ingin tau artinya كتاب
Maka mencarinya harus melalui fi'il/ harus tau dia dr fi'il apa
ك ت ب
Nah, nanti dibawahnya banyak isim yg berkaitan dg كتب
Tanya: Bagaimana cara menentukan suatu kata ghairi aqil itu termasuk mudzakkar atau muannats? Apakah dg melihat ta' marbutoh atau dihapal?
Jawab;
Dilihat dr maknanya, dy berakal atau tidak.
Ketika sdh jelas berakal tdk nya,
Barulah ketika mufrod dy muanats atau mudzakar.
Nah, apabila terkumpul dy tdk berakal dan ketika mufrod dy sbg mudzakar. Maka ktk jama' taksir dy sbg muanats. Krn tdk berakalnya itu
قلمٌ
mufrod mudzakar
أقلامٌ
Jama taksir muanats, krn tdk berakal
Tanya: Apakah obyek juga bisa terhadap diri sendiri. Misal saya telah memotong kuku. Apakah kuku juga disebut obyek dlm kalimat ini.
Atau seorang anak laki-laki sedang melepas sepatunya
Jawab;
Ini perlu perhatian ktk sbg b.arab.
Krn ktk dlm b.indo dy spt butuh obyek, tp ktk b.arab sbnernya sdh cukup sbg swt kalimat
ذهب أحمد
Dlm b.arab sdh cukup, org g perlu kepo pergi kemananya
Tp dlm b.indo kalimat tsb spt masih kurang makna.
Jadi terus belajar, untuk mngetahui mana muta'addy dan lazimah
Tanya: Saya makan - lazimah
Saya makan nasi - apakah jd muta'ady krn ada tambahan nasi sbg maf'ul bih?
Atau tetap lazimah krn makan sebenarnya tdk butuh obyek? ➡
*ikutan bingung
Apakah salah satu ciri jamak taksir berakhiran ء.
Seperti
العلماء, الشهداء
Jawab;
Saya makan nasi - apakah jd muta'ady krn ada tambahan nasi sbg maf'ul bih?
Atau tetap lazimah krn makan sebenarnya tdk butuh obyek? ➡
*ikutan bingung
Apakah salah satu ciri jamak taksir berakhiran ء.
Seperti
العلماء, الشهداء
Jawab;
Seperti kalimat dalam bahasa indonesia ukht ada yg membutuhkan objek ada yg tdk intransitif dan transitif. Jd paten bukan karena ketambahan objek atau tidak.
pergi, saya pergi sudah menjadi kalimat sempurna karena ia termasuk kata yg tdk membutuhkan objek
Tp klo saya makan masih butuh objek dimakan itu apa jd klo hanya saya makan belum menjadi kalimat sempurna. Harusnya saya makan nasi itu sempurna begitu juga dalam bahasa arab
Tanya: Kalau lazimah tambahannya kata keterangan ya, bukan obyek misal saya pergi ke sekolah
Jawab;
pergi, saya pergi sudah menjadi kalimat sempurna karena ia termasuk kata yg tdk membutuhkan objek
Tp klo saya makan masih butuh objek dimakan itu apa jd klo hanya saya makan belum menjadi kalimat sempurna. Harusnya saya makan nasi itu sempurna begitu juga dalam bahasa arab
Tanya: Kalau lazimah tambahannya kata keterangan ya, bukan obyek misal saya pergi ke sekolah
Jawab;
Iya tp g wajib krn tanpa itu juga dia sdh kalimat sempurna
Ustadzah : Rohimah Tartilla
Musyrifah : Lu'lu'
Kelas : 1I
Korlas :
Tanya : Yg al fuqoro'u tuh bukan diakhiri dg alif ta'nits ya? Sy pikir iya☺.. jd sy kira muannats،...
Jawab:
Bukan mb,,,,فقراء adlh jama' taksir ikut wazan فعلاء،....kalau Alif ta'nis mamdudh itu ا & ء nya tambahn,,,mis,. Kata احمر muannats x Jd حمراء
Tanya: Kadang yg blm paham itu hukum asalnya sih mbk..misal sprti soal no.9 tdi..sya pikir msuk muannats,trnyata mudzakkar..
Utk mncri tau dia hukum asalnya itu yg rada rumit..apa ga ada rumus2 nya ya?utk mngetahui dia hukum asalnya muannats atau mudzakkar?
Slain brakhiran ta marbuthoh utk muannats..
Jawab :
Brati harus dmantepn dlu kaidh asalnya mmng itu Yg plg pnting
Bangunn itu akan Bagus dn kuat jk kuat pula pondasix,,,,
Slain brakhiran ta marbuthoh utk muannats..sudah prnh dbhs dtx jawab kan
Utk mncri tau dia hukum asalnya itu yg rada rumit..apa ga ada rumus2 nya ya?utk mngetahui dia hukum asalnya muannats atau mudzakkar?
Slain brakhiran ta marbuthoh utk muannats..
Jawab :
Brati harus dmantepn dlu kaidh asalnya mmng itu Yg plg pnting
Bangunn itu akan Bagus dn kuat jk kuat pula pondasix,,,,
Slain brakhiran ta marbuthoh utk muannats..sudah prnh dbhs dtx jawab kan
Tanya: Iya sdh mbk..mnntukan yg mudzakkar yg agak rumit
Jawab :
Kalo mnntukn mudzakkar muannats isim Yg dlm keadaan tasniyah atau jama' dlht mufrodx dlu
Kalo mnntukn mudzakkar muannats isim Yg dlm keadaan tasniyah atau jama' dlht mufrodx aja apkh dia mudzakkar atau muannats
Jawab :
Kalo mnntukn mudzakkar muannats isim Yg dlm keadaan tasniyah atau jama' dlht mufrodx dlu
Kalo mnntukn mudzakkar muannats isim Yg dlm keadaan tasniyah atau jama' dlht mufrodx aja apkh dia mudzakkar atau muannats
Tanya: Kl yg no.9 tdi itu knp dia msuk mudzakkar mbk?pdhl kl bayi kan ada bayi prempuan & laki2
Yg prempuan brakhiran ta marbuthoh atau tdk?
Jawab :
Dlm bhs Arab kata طفل khusus dpke u bayi laki2
Yg prempuan brakhiran ta marbuthoh atau tdk?
Jawab :
Dlm bhs Arab kata طفل khusus dpke u bayi laki2
Tanya: Ada referensi hafalan kosa kata isim mudzakkar-muannats dan jamak taksir nggak ya ukh?
Jawab :
(Blm trjawab)
Jawab :
(Blm trjawab)
Tanya: Afwan untuk wajibat 2 yg no. 8 itu kata Al bustanu artinya apa?d kamus kebun, jd sy qra muannats..
Jawab:
Diinget inget lagi ciri mudzakar dan muannats apa...
Jawab:
Diinget inget lagi ciri mudzakar dan muannats apa...
Tanya : Fail dan maful bih sama maksudnya gimana ukh?
Jawab :
Gini kali contohnya
أكل محمد التفاح
أحسن الولدان إلى الوالِدَين
شكر الطلاب المدرسين
Fail dan maful bih sama maksudnya 👆
Jk fa'il murfod mk maf'ul bihnya jg mufrod,,jk fa'il x mutsanna mk maf'ul bihnya mutsanna jg,,bgtu jg dgn jama' mudzakkar Salim,. Muannats Salim,,dan jama taksir
Jawab :
Gini kali contohnya
أكل محمد التفاح
أحسن الولدان إلى الوالِدَين
شكر الطلاب المدرسين
Fail dan maful bih sama maksudnya 👆
Jk fa'il murfod mk maf'ul bihnya jg mufrod,,jk fa'il x mutsanna mk maf'ul bihnya mutsanna jg,,bgtu jg dgn jama' mudzakkar Salim,. Muannats Salim,,dan jama taksir
Ustaz bagaimana kita bisa mengenali isim mufrod jika dia sudah berubah seperti dia sudah berubah kejamak
ReplyDeleteContohnya الطلاب bagai mana caranya membuat ke mufrod
Ustaz bagaimana kita bisa mengenali isim mufrod jika dia sudah berubah seperti dia sudah berubah kejamak
ReplyDeleteContohnya الطلاب bagai mana caranya membuat ke mufrod
Ustaz bagaimana kita bisa mengenali isim mufrod jika dia sudah berubah seperti dia sudah berubah kejamak
ReplyDeleteContohnya الطلاب bagai mana caranya membuat ke mufrod
Ada pertanyaan ustadz tentang bahasa Arab.
ReplyDeleteLafadz فعَلَتا adalah fi'il madhi bertemu Alif tasniah sehingga diberi harakat fathah, kenapa Alif tasniya menjadi hilang dan digantikan ta' ta'nis?