Ustadzah= Muthmainnah Jawwas,Lc.
Kelas = 1B
🔸Tanya 👉 Ustadzah. .. apakah kaidah penyusunan kalimat jumlah filiyah atau ismiyah bila di gabung dengan Muftada Khabar mengikuti kaidah masing masing? Bagaimana Jika di gabung dengan kata kepunyaan seperti kitabiii . (Buku saya)?
🔸Jawab= Afwan maksud pertanyaannya gimana ya?
Karena jumlah filiyyah kompinennya bukan mubtada khobar tp fiil fail.
Jumlah ismiyyah yg mubtada khobar.
Dan idhafah seperti kitabii boleh..
🔸Tanya 👉ustadzah, dlm pola kalimat fi'il Muta'addiy ditambah keterangan, سَمِعَ زَيْدٌ الخُطْبَةَ فِيْ المَسْجِدِ
zaid telah mendengar khutbah di dalam masjid, mudhaf - mudhaf ilaihnya yg mana? syukron ya ustadzah
🔸Jawab 👉Tidak ada. Adanya jaar majrur..
🔸Tanya 👉 Ustadzah, klo mudhof ilaih selain isim ghoiru munshorif, apa harus dalam bentuk al?
🔸Jawab 👉Tidak. Boleh nakirah..
🔸Tanya 👉Dalam soal wajibat, ada kalimat
... jaami'ati madinati makkata ....
➡Apa mungkin ada kalimat urutanya mudhof-mudhof-mudhof ilaih?
atau yg lbh mungkin: mudhof-mudhof ilaih-mudhof ilaih ...?
🔸Jawab 👉Ada, bahkan bisa sampai 4 juga. Kata kedua dan ketiga menjadi mudhaf ilaih sekaligus mudhaf. Kata terakhir baru haaya sebagai mudhaf ilaih saja
🔸Tanya 👉kalau sdh kalimat lengkap, ibu ga ngerti menerapkannya, dmn itu mudhaf mudhaf ilaihnya.
🔸Jawab 👉Lihat dr maknanya.. Maka akan mudah menentukannya..
🔸Tnya 👉 ☝Ustadzah PRnya makin susah...kalo mudhaf mudhaf illaih sudah paham betul tapi kalo sudah ada tambahan kata kata lainnya jadi mandek
🔸Jawab 👉Diulang2 terus baca diktat dan audionya.. In sya Allah tambah makin paham.. Jaahidna
Ustadzah = Abqhoria Muntadhiro
Musyrifah = Alenaa
Pekan ke 5
Kelas = 1F Binum
Tanya= Kenapa khabar harus disamakan jenis dan jumlahnya. Misal.. Orang2 muslim satu badan.. Atau.mereka satu organisasi...atau nyamuk2 adalah serangga... Ini.kan.tidak.sejenis
Jawab ➡ afwan, ana belum faham pertanyaannya, kalau bisa gunakan contoh kalimatnya dengan bahasa Arab, karena kita sedang belajar bhs Arab
Tanya= Afwan ukhti
Bagaimana cara merubah murfad ke jamak taksir.?
Jawab ➡jama' taksir memiliki banyak wazan, bisa dilihat di kamus
Wallahu a'lam
Tanya
bentuk mufrad dr anak laki² adalah ابْنٌ sedangkan jamaknya adalah بَنِيْنٌ. Apakah itu termasuk jamak taksir?
Jawab ➡bukan jama' mudzakkar salim, tetapi mulhaq bijam'il mudzakkar as salim, yaitu hukumnya seperti jama' mudzakkar salim
Wallahu a'lam
Tanya= Mw tanya tentang taman itu bagus..
Itu dkalimat diatas ap tandanya.
Misalkan klo taman ini bagus bgaiman kalimatnya
Jawab
Kalo taman itu bagus masuk ke mubtada khobar, kalo taman yg bagus itu masuk naat manu Kalo taman ini mk pake هذا البستان
Ustadzah = Rohimah Tartilla
Musyrifah = Lu'Lu'
Pekan ke 5
Kelas = 1i Binum
Musyrifah = Lu'Lu'
Pekan ke 5
Kelas = 1i Binum
Rekap pertanyaan
Tanya= Apakah isim stl huruf jarr selalu ma'rifat?
Tanya= Apakah isim stl huruf jarr selalu ma'rifat?
Jawab=
Tidak,..boleh nakiroh,..trgantung kemauandn maksud si pembuat kalimat tsb c محمد فى فصل
Tanya= Apakah mudhaf ilaih selalu ma'rifat? Iya,..ketentuan / kaidah u mudhof ilaih adlh harus ma'rifat
Ingin tau... krn contoh di buku selalu ma'rifat.
Ingin tau... krn contoh di buku selalu ma'rifat.
Tanya= Kapankah Mudhaf itu berharokat fathah atau dhomah, mhn penjelasannya ustadzah, syukron
Jawab=
Jawab=
Catatan : mudhof itu fleksibel,..mudhof bs brbntuk fail atau maf'ul bih atau mubtada atau khobar atau majrur,...nah,,harokat / i'rob mudhof tsb menyesuaikan keadaan dia saat itu
Cnth خرج احمد من غرفة سليمان ،.....
غرفة ghurfati,..isim majrur dgn kasroh mudhof
Tanya= Di hal 127 ada contoh yg artinya siswa terpandai (amharuth thullaabu). Di sini strukturnya mudhaf ilaih nya mendahului mudhaf. Beda dg yg lain. Mohon penjelasannya.
Jawab=
Cnth خرج احمد من غرفة سليمان ،.....
غرفة ghurfati,..isim majrur dgn kasroh mudhof
Tanya= Di hal 127 ada contoh yg artinya siswa terpandai (amharuth thullaabu). Di sini strukturnya mudhaf ilaih nya mendahului mudhaf. Beda dg yg lain. Mohon penjelasannya.
Jawab=
Yg benar adlh (amharuth thullabii) dstu mudhof tidk mendahului mudhof ilaihi,....krn mudhof ilaihi tdk boleh mendahului mudhof
Ustadzah = Taqnain
Musyrifah = Farhana
Pekan ke 5
Kelas = 1H Binum
Musyrifah = Farhana
Pekan ke 5
Kelas = 1H Binum
Tanya= Soal mudhaf ilaih ustadzah,,,
Apakah stiap mudhaf ilaih itu pasti ada ال nya atau gmn ya??? Syukran
Jawab=
Apakah stiap mudhaf ilaih itu pasti ada ال nya atau gmn ya??? Syukran
Jawab=
Seringnya ada, tapi klo dia sbg mudhof lagi ga bisa ada ال
Tanya= Untuk isim ghairu munsharif ketika jar berharokat fathah bagaimana cara merubah seluruh nama yang berakgiran alif dan nun seperti سُليْمَنُ , مَروانُ ....
Jawab
Jawab
= Merubahnya gemana ya? Dirubah harokatnya saja jadi fathah
Tanya= Jadi otomatis harokat nya dirubah jadi fathah ya
Jawab=
Tanya= Jadi otomatis harokat nya dirubah jadi fathah ya
Jawab=
Iya, mereka rofa' dg dhommah
Nashob dan jar dg fathah
Nashob dan jar dg fathah
Tanya= Selain hrs dlm kondisi jar, apalagi syarat2 utk mudhaf ilaih?
Tdk ada syarat hrs bertanwin atau dilekati al?
Tdk ada syarat hrs sama jenis/sama bilangan dg mudhafnya?
Jawab=
Tdk ada syarat hrs bertanwin atau dilekati al?
Tdk ada syarat hrs sama jenis/sama bilangan dg mudhafnya?
Jawab=
Mudhof ilaih pasti jar,
Spt halnya fa'il, mubtada' dan khobar pasti rofa'
Tanya= Antara mudhaf dg mudhaf ilaih apakah hrs sejenis dan sama bilangannya?
Jawab=
Spt halnya fa'il, mubtada' dan khobar pasti rofa'
Tanya= Antara mudhaf dg mudhaf ilaih apakah hrs sejenis dan sama bilangannya?
Jawab=
Tambahan:
3 makna idhofah:
A. Bermakna مِنْ:dari
خاتمُ ذَهَبٍ
B. في:di
صاحبُ السِجْنِ
C. اللام :milik/punya
نَعْلُ زَيْدٍ
Tidak harus sama bilangan ataupun sejenis..
Ketika mudhof berasal dr jama' mudzakar mutsanna. Maka nun nya dihilangkan
3 makna idhofah:
A. Bermakna مِنْ:dari
خاتمُ ذَهَبٍ
B. في:di
صاحبُ السِجْنِ
C. اللام :milik/punya
نَعْلُ زَيْدٍ
Tidak harus sama bilangan ataupun sejenis..
Ketika mudhof berasal dr jama' mudzakar mutsanna. Maka nun nya dihilangkan
Tanya= Brarti klo muslimaani jadi muslimaa ???
Maksudnya,,,kemudian terus di idhafahkan kekata berikutnya dg menghilangkan ن,iyakah ustadzah???
Jawab=
Maksudnya,,,kemudian terus di idhafahkan kekata berikutnya dg menghilangkan ن,iyakah ustadzah???
Jawab=
Iya dr طالبتان menjadi طالبتا
Tanya= Baca contoh2 mudhaf-ilaih kelihatannya semua diberi al, selain nama orang dan tempat, tetapi mudhaf ilaih tdk hrs dilekati al? Msh bingung
Jawab=
Jawab=
Rata2 pakai alif, krn biar ma'rifah..
Aturan dasar spt jar majrur. Spt:
محمد في البيت lebih bagus drpd
محمد في بيت
Kalau mudhof-mudhof ilaih:
صاحب البَيتِ،
صاحِبُ بيتٍ، krg tepat
Kecuali kalo mau digabung lagi..
صاحبُ بيتِ الإجارِ.
(pemilik rumah kontrakan)
Tanya= صاحب البَيتِ،
Kenapa dikatakan kurang tepat ya?
Jawab=
Aturan dasar spt jar majrur. Spt:
محمد في البيت lebih bagus drpd
محمد في بيت
Kalau mudhof-mudhof ilaih:
صاحب البَيتِ،
صاحِبُ بيتٍ، krg tepat
Kecuali kalo mau digabung lagi..
صاحبُ بيتِ الإجارِ.
(pemilik rumah kontrakan)
Tanya= صاحب البَيتِ،
Kenapa dikatakan kurang tepat ya?
Jawab=
Kalo ga ada alif lam nya ukh..
Ustadzah = Roisah Muwazzayah
Musyrifah = Sisie Ummu Aisyah
Pekan ke 5
Kelas = 1G Binum
Tanya 👉 Pada hal 127
عثمان أمهر الطلاب....
Apakah bisa jg ditulis dg
عثمان طلاب المه عثمان طلاب الامهر....
Jawab:
Tdk bisa, nanti artinya jd "utsman adalah murid2 pandai"
Jd tdk nyambung
👉 Thullaabul mahri/amhari tdk sesuai dgn makna idhafah (kepemilikan/peruntukan/dari)
Tanya 👉Klo begini...
عثمان طالب الامهر
Apk artinya sm dg yg dibuku?
Ustman adl murid terpandai
Jawab:
Beda.
👉 Mgkn biar ga bingung, artinya gini aja: "Utsman adl sepandai2nya murid". (wlwpn scra makna sama aja sih, cuman biar sesuai sama susunan kata bhs arabnya)
👉 Kalau susunan kata yg mb Iin sebutkan, itu nantinya jd tdk sesuai dgn makna idhafah.
Kalau mau, bisa dibuat susunan na'at & man'ut. Jd alif lam pd kata 'al-amhar' dihilangkan.
عثمانُ طالبٌ أمهرُ من زيدٍ
Utsman adl murid yg lebih pandai drpd zaid
Tp kita blm smpai na'at ya.. Jgn dipikirin dulu. hhe
Tanya👉 Ustadzah utk jumlah fi'iliyah apa boleh fi'il nya sesudah fa'il?
Contohnya : احمد ذهبَ إِلَى المَسْجِدِ
Jawab:
: Bukan jumlah fi'liyyah lg dong namanya.. tp jumlah ismiyyah, krn diawali isim
Tanya 👉 Brrti ismiyyah gk hanya tdd isim n isim y? Bisa isim n fi'il
Jawab:
Bisa. Nanti ada pmbhsannya
Tanya 👉 Di tugas no 7 pola nya begitu mba.. طلاب ذاهبون
Kaidahnya sama kyk jumlah fi'iliyah lazim kah?
Tanya 👉 Dzahibuuna bukankah isim jama' mudzakkar salim kan ustadzah?
Jawab:
Dia isim fa'il dr dzahaba (silahkan dimuraja'ah lg sharafnya.)
👉 Mufradnya ذَاهِبٌ
👉 Jamaknya pake jamak mudzakkar salim ذَاهِبُوْنَ
Tanya 👉Mb Ros bsa hafal sharaf gimana tuh....triknya
Jawab:
Kalo ana sndri ga ada trik khusus sih.. ya dihafal aja smua tashrifannya..
Asal sudah hafal 1 wazan/bab, sisanya tinggal mengikuti. Paling agak beda sdkit di fi'il mazid sama yg bukan trmsuk fi'il shahih.
Mudah in sya Allah. Yg penting MAU menghafal
Tanya 👉 : Usth. Jika ingin memakai kata yg berasal dr fiil, utk kal ismiyyah... Bentuk apa?
Isim fail kah, atau maf'ul?
Jawab :
: Trgantung maunya apa.. Arti kalimat yg diinginkan spt apa
Tanya 👉 Ust untuk tatsniyah n JMudzS yg dlm keadaan nashab saat menjadi mudhof ن juga dihilangkan? Kalau طالبين saat mudhof jadiny طالبي?
Jawab
Na'am, shahih
Tanya 👉: Dokter itu org sabar di rumah sakit...
Itu Usth , contoh kalimat...
Jawab:
Kalo dokter isim yg bukan berasal dr fi'il.. bhs arabnya sdh jelas, طبيبٌ. Dia bkn isim fa'il, bukan mashdar, bukan jg isim maf'ul
Ana ksh contoh, sbntr
👉 Contoh jumlah ismiyyah yg mubtada'nya berupa isim2 berikut:
- isim fa'il:
الصَّالِحُ صَابِرٌ
Orang yg shalih itu sabar.
- isim maf'ul:
المَقْرُوْءُ مُفِيْدٌ
Yg dibaca itu bermanfaat.
- mashdar:
الصَّبْرُ ضِيَاءٌ
Kesabaran itu adalah cahaya (hadits)
👉: Contoh jumlah ismiyyah yg KHABARnya berupa isim2 berikut:
- isim fa'il:
أَحْمَدُ ذَاهِبٌ إِلَى المسجدِ
Ahmad pergi ke masjid.
-> khabarnya pakai isim fa'il krn disesuaikan dgn mubtada nya (ahmad adlh 'pelaku/yg melakukan' fiil dzahaba)
- isim maf'ul:
الكِتَابَةُ مَمْسُوْحَةٌ
Tulisan itu dihapus.
-> khabarnya pakai isim maf'ul krn mubtada (al-kitaabah) memang cocoknya dihapus.. tdk mungkin 'yg menghapus' (isim fa'il) atau 'hal menghapus' (mashdar).
- mashdar:
أَمَلِيْ الذَّهَابُ إِلَى بَيْتِ الْحَرَامِ
Harapanku adalah pergi ke Baitul Haram.
-> khabarnya pakai mashdar krn memang secara makna cocoknya memakai mashdar.. tdk mungkin 'harapanku' pakainya 'yg pergi' (isim fail) atau yg 'dipergikan' (isim maf'ul).
Wallahu Ta'ala a'lam.
Musyrifah = Sisie Ummu Aisyah
Pekan ke 5
Kelas = 1G Binum
Tanya 👉 Pada hal 127
عثمان أمهر الطلاب....
Apakah bisa jg ditulis dg
عثمان طلاب المه عثمان طلاب الامهر....
Jawab:
Tdk bisa, nanti artinya jd "utsman adalah murid2 pandai"
Jd tdk nyambung
👉 Thullaabul mahri/amhari tdk sesuai dgn makna idhafah (kepemilikan/peruntukan/dari)
Tanya 👉Klo begini...
عثمان طالب الامهر
Apk artinya sm dg yg dibuku?
Ustman adl murid terpandai
Jawab:
Beda.
👉 Mgkn biar ga bingung, artinya gini aja: "Utsman adl sepandai2nya murid". (wlwpn scra makna sama aja sih, cuman biar sesuai sama susunan kata bhs arabnya)
👉 Kalau susunan kata yg mb Iin sebutkan, itu nantinya jd tdk sesuai dgn makna idhafah.
Kalau mau, bisa dibuat susunan na'at & man'ut. Jd alif lam pd kata 'al-amhar' dihilangkan.
عثمانُ طالبٌ أمهرُ من زيدٍ
Utsman adl murid yg lebih pandai drpd zaid
Tp kita blm smpai na'at ya.. Jgn dipikirin dulu. hhe
Tanya👉 Ustadzah utk jumlah fi'iliyah apa boleh fi'il nya sesudah fa'il?
Contohnya : احمد ذهبَ إِلَى المَسْجِدِ
Jawab:
: Bukan jumlah fi'liyyah lg dong namanya.. tp jumlah ismiyyah, krn diawali isim
Tanya 👉 Brrti ismiyyah gk hanya tdd isim n isim y? Bisa isim n fi'il
Jawab:
Bisa. Nanti ada pmbhsannya
Tanya 👉 Di tugas no 7 pola nya begitu mba.. طلاب ذاهبون
Kaidahnya sama kyk jumlah fi'iliyah lazim kah?
Tanya 👉 Dzahibuuna bukankah isim jama' mudzakkar salim kan ustadzah?
Jawab:
Dia isim fa'il dr dzahaba (silahkan dimuraja'ah lg sharafnya.)
👉 Mufradnya ذَاهِبٌ
👉 Jamaknya pake jamak mudzakkar salim ذَاهِبُوْنَ
Tanya 👉Mb Ros bsa hafal sharaf gimana tuh....triknya
Jawab:
Kalo ana sndri ga ada trik khusus sih.. ya dihafal aja smua tashrifannya..
Asal sudah hafal 1 wazan/bab, sisanya tinggal mengikuti. Paling agak beda sdkit di fi'il mazid sama yg bukan trmsuk fi'il shahih.
Mudah in sya Allah. Yg penting MAU menghafal
Tanya 👉 : Usth. Jika ingin memakai kata yg berasal dr fiil, utk kal ismiyyah... Bentuk apa?
Isim fail kah, atau maf'ul?
Jawab :
: Trgantung maunya apa.. Arti kalimat yg diinginkan spt apa
Tanya 👉 Ust untuk tatsniyah n JMudzS yg dlm keadaan nashab saat menjadi mudhof ن juga dihilangkan? Kalau طالبين saat mudhof jadiny طالبي?
Jawab
Na'am, shahih
Tanya 👉: Dokter itu org sabar di rumah sakit...
Itu Usth , contoh kalimat...
Jawab:
Kalo dokter isim yg bukan berasal dr fi'il.. bhs arabnya sdh jelas, طبيبٌ. Dia bkn isim fa'il, bukan mashdar, bukan jg isim maf'ul
Ana ksh contoh, sbntr
👉 Contoh jumlah ismiyyah yg mubtada'nya berupa isim2 berikut:
- isim fa'il:
الصَّالِحُ صَابِرٌ
Orang yg shalih itu sabar.
- isim maf'ul:
المَقْرُوْءُ مُفِيْدٌ
Yg dibaca itu bermanfaat.
- mashdar:
الصَّبْرُ ضِيَاءٌ
Kesabaran itu adalah cahaya (hadits)
👉: Contoh jumlah ismiyyah yg KHABARnya berupa isim2 berikut:
- isim fa'il:
أَحْمَدُ ذَاهِبٌ إِلَى المسجدِ
Ahmad pergi ke masjid.
-> khabarnya pakai isim fa'il krn disesuaikan dgn mubtada nya (ahmad adlh 'pelaku/yg melakukan' fiil dzahaba)
- isim maf'ul:
الكِتَابَةُ مَمْسُوْحَةٌ
Tulisan itu dihapus.
-> khabarnya pakai isim maf'ul krn mubtada (al-kitaabah) memang cocoknya dihapus.. tdk mungkin 'yg menghapus' (isim fa'il) atau 'hal menghapus' (mashdar).
- mashdar:
أَمَلِيْ الذَّهَابُ إِلَى بَيْتِ الْحَرَامِ
Harapanku adalah pergi ke Baitul Haram.
-> khabarnya pakai mashdar krn memang secara makna cocoknya memakai mashdar.. tdk mungkin 'harapanku' pakainya 'yg pergi' (isim fail) atau yg 'dipergikan' (isim maf'ul).
Wallahu Ta'ala a'lam.
masdar dalam bentuk jumlah bisa ga ya gan? kalo khobar kan bisa.
ReplyDeleteApakah khobar bisa menjadi susunan idofah?
ReplyDelete